dc.description.abstract | Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi untuk
dikembangkan di Kabupaten Probolinggo. Pengembangan sektor pariwisata yaitu dengan
menambah promosi dan produk wisata yang telah ada, sehingga akan berpengaruh pada
jumlah wisatawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi dan produk
wisata yang terdiri atas atraksi, fasilitas, dan aksesibilitas terhadap jumlah wisatawan dan
penyerapan tenaga kerja pada segitiga emas pariwisata Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan panel data dengan metode analisis linear berganda, elastisitas
penyerapan tenaga kerja, uji t, uji F, dan uji asumsi klasik. Hasil analisis menunjukkan
bahwa atraksi, fasilitas, aksesibilitas, dan promosi berpengaruh positif terhadap jumlah
wisatawan segitiga emas pariwisata Kabupaten Probolinggo. Produk wisata dan promosi
selama periode analisis mampu menambah jumlah wisatawan meskipun nilainya kecil,
hal ini ditunjukkan oleh nilai produk wisata dan promosi yang bernilai positif. Elastisitas
penyerapan tenaga kerja juga selalu berubah sesuai dengan berubahnya jumlah sektor
pendukung pariwisata yang ada. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu atraksi, fasilitas,
aksesibilitas, dan promosi bernilai positif dan mempunyai hubungan yang signifikan
terhadap jumlah wisatawan pada segitiga emas pariwisata Kabupaten Probolinggo. | en_US |