Show simple item record

dc.contributor.authorRRR FERLISAARI JUWITASARI
dc.date.accessioned2014-01-28T05:02:54Z
dc.date.available2014-01-28T05:02:54Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM080210301016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26271
dc.description.abstractProses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa tidak terlepas dari peran sumber belajar. Sumber belajar merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga pemanfaataanya harus dilaksanakan secara optimal. Selama ini, siswa masih menerapkan pembelajarn langsung atau pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga pemanfaatan sumber belajar lainnya belum optimal. Padahal di sekolah tersebut sudah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap untuk dimanfaatkan siswa sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Selain itu bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan sumber belajar tercetak memberikan pengaruh yang paling besar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Sumber belajar yang diteliti adalah sumber belajar tercetak berupa buku pelajaran, modul pembelajaran dan sumber belajar berupa fasilitas meliputi perpustakaan sekolah, laboratorium komputer Akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jember. Jnis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling area yaitu menentukan lokasi penelitian yang ditentukan secara sengaja. Penentuan responden penelitian menggunakan metode populative. Metode pengumpulan data http://library.unej.ac.id/ http://library.unej.ac.id/ http://library.unej.ac.id/ http://library.unej.ac.id/ http://library.unej.ac.id/ library.unej.ac.id/ library.unej.ac.id/ library.unej.ac.id/ viii viii menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, efektifitas garis regresi, uji F, dan uji t yang dibantu dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemanfaatan sumber belajar mempunyai pengaruh yang signifikansi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan R square sebesar 0,752 berarti bahwa pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa mempunyai pengaruh sebesar 75,2%, selebihnya sebesar 24,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil perhitungan uji F, diperoleh hasil Fhit sebesar 166,709 dan Ftabel sebesar 3,08 dimana Fhit ≥ Ftabel dengan taraf signifikansi 0,000 sehingga pemanfaatan sumber belajar tercetak dan pemanfaatan sumber belajar berupa fasilitas secara simultan (bersamasama) mempunyai pengaruh nyata terhadap hasil belajar. Secara parsial (individu) pemanfaatan sumber belajar tercetak memiliki proporsi sumbangan terbesar yaitu sebesar 39,67 %. Kesimpulan dalam penelitian ini berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa pemanfaatan sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Pemanfaatan sumber belajar tercetak berpengaruh dominan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210301016;
dc.subjectpemanfaatan sumber belajaren_US
dc.titlePENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJA R TERHADAP HASIL BEL AJA R SISWA ( Pada Mata Pelajaran Akun tans i Kelas X A un tansi di SMK Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2012/2013 )en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record