PENGARUH PESAN IKLAN TELKOM FLEXI DI TELEVISI SWASTA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN LOYALITAS MEREK (Studi pada pemakai Telkom Flexi di Kota Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh isi pesan, struktur pesan,
format pesan, dan sumber pesan terhadap keputusan pembelian Telkom Flexi,
serta pengaruh isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan terhadap
loyalitas merek Telkom Flexi pada pemakai Telkom Flexi di kota Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari responden atas
kuesioner yang diisi oleh responden (masyarakat di kota Banyuwangi yang
menggunakan Telkom Flexi dan pernah melihat iklan Telkom Flexi di televisi).
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Alat analisis yang digunakan
adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan pendekatan analisis
regresi linier berganda. Berdasarkan uji jalur bahwa isi pesan mempunyai
pengaruh terhadap keputusan pembelian. Struktur pesan mempunyai pengaruh
terhadap keputusan pembelian. Format pesan mempunyai pengaruh terhadap
keputusan pembelian. Sumber pesan mempunyai pengaruh terhadap keputusan
pembelian. Selain itu, juga didapatkan hasil bahwa isi pesan mempunyai pengaruh
terhadap loyalitas merek. Struktur pesan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas
merek. Format pesan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas merek. Sumber
pesan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas merek. Sehingga dalam penelitian
ini terdapat pengaruh langsung isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber
pesan terhadap keputusan pembelian. Selain itu terdapat pengaruh langsung isi
pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan terhadap loyalitas merek.
Collections
- MT-Science of Economic [204]