• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PERUBAHAN PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM BERBELANJA DARI RITEL TRADISIOANAL KE RITEL MODERN DI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (315)_1.pdf (260.1Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    ZAENAL ABIDIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Usaha ritel modern atau minimarket yang kualitas layanannya lebih baik dari pada ritel tradisional menyebabkan banyaknya terjadi pergeseran perilaku konsumen, yang sebelumnya berbelanja di ritel tradisional kemudian berpindah ke minimarket. Berdasarkan fakta tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam berbelanja dari ritel tradisional ke minimarket di Kecamatan Kabupeten Jember, dengan unit analisis ibu rumah tangga. Data penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari responden dan informan dengan kuesioner dan teknik wawancara mendalam. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan pedoman wawancara mendalam. Metode sampling menggunakan metode sampel wilayah (area sampling) setingkat Kelurahan/Rukun Tetangga (RT) dipilih berdasarkan pertimbangan kedekatan dengan pusat-pusat minimarket dan ritel tradisional kemudian pengambilan sampel responden dengan mempertimbangkan stratum (Kelompok RT) yang mengerti dan pernah berbelanja di ritel tradisional dan ritel moderndi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen minimarket dikonstruksi oleh faktor strategi bauran ritel, lingkungan luar, lingkungan individu dan manfaat pertukaran sumber daya. Bauran ritel yang adaptif dengan perubahan lingkungan berperan menciptakan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di minimarket. Kepuasan konsumen dan keinginan untuk membeli ulang di minimarket juga merupakan indikasi keberhasilan strategi bauran ritel, di samping faktor manfaat lain yang diterima konsumen sebagai akibat pembelian produk. Respon positif konsumen terhadap strategi bauran ritel minimarket merupakan bentuk aktualisasi diri konsumen sebagai akibat proses belajar terhadap lingkungannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26177
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository