PENGARUH PERIKLANAN PRODUK KOMPUTER TABLET SMARTFREN DI MEDIA TELEVISI TERHADAP MINAT PEMBELIAN (KASUS PADA MASYARAKAT WILAYAH PERKOTAAN KABUPATEN JEMBER)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan yang terdiri
isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan secara simultan dan
parsial terhadap minat pembelian produk SmartFren. Iklan yang terdiri dari isi
iklan, struktur iklan, format iklan, dan sumber iklan berpengaruh terhadap minat
pembelian produk komputer tablet SmartFren yang selanjutnya akan
mempengaruhi minat pembelian. Isi Iklan yang baik dapat meningkatkan minat
pembelian dan akhirnya meningkatkan kepuasan konsumen. Isi iklan merupakan
apa yang dikatakan pada audiens. Isi iklan haruslah tema yang menarik. Isi iklan
yang baik akan meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap suatu produk
sehingga isi iklan dapat mempengaruhi minat pembelian.
Penelitian ini dikategorikan sebagai exsplanatory research. Populasi dalam
penelitian ini adalah masyarakat perkotaan Kabupaten Jember yang meliputi
Kecamatan Sumbersari, Patrang, dan Kaliwates yang pernah melihat dan
memahami iklan komputer tablet SmartFren di media televisi. Jumlah sampel
dalam penelitian ini ditetapkan sebesar 75 responden. Metode analisis data
menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan berpengaruh signifikan terhadap
minat pembelian produk komputer tablet SmartFren. Isi pesan pada iklan
berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk komputer tablet
SmartFren. Struktur pesan pada iklan berpengaruh signifikan terhadap minat
pembelian produk komputer tablet SmartFren. Format pesan pada iklan tidak
berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk komputer tablet
SmartFren. Sumber pesan pada iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat
pembelian produk komputer tablet SmartFren. Kesimpulan penelitian ini adalah
isi pesan, format pesan dan struktur pesan pada iklan berpengaruh signifikan
terhadap minat pembelian produk komputer tablet SmartFren.