ANALISIS PRODUCT POSITIONING MEREK KOMPUTER JINJING (LAPTOP) BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI KOTA JEMBER
Abstract
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan
mengetahui peta positioning produk komputer jinjing (laptop) yang terdiri dari
Acer, Toshiba, Compaq, Axio, dan Dell berdasarkan persepsi konsumen terhadap
atribut produk komputer jinjing (laptop) di Kota Jember. Dasar yang digunakan
untuk memetakan produk komputer jinjing (laptop) adalah persepsi konsumen
terhadap kemiripan atribut turunan yang terdiri dari merek, harga, produk,
kualitas, iklan, desain, dan jaminan yang melekat pada masing-masing komputer
jinjing (laptop). Teknik analisis yang digunakan adalah MDS (Multidimensional
Scaling), dengan menggunakan SPSS 17 for windows. Penelitian ini dilakukan
dengan mengambil responden sebanyak 70 responden di Kota jember dengan
metode purposive sampling. Wilayah kota Jember yang dimaksud adalah
kecamatan Kaliwates, Kecamatan Sumbersari, dan Kecamatan Patrang. Data yang
diperoleh diuji menggunakan analisis MDS (Multidimensional Scaling) untuk
mengetahui keandalan dan kesahihan (Validity and Reability), hasil peta
positioning berbagai macam produk komputer jinjing (laptop) yaitu Acer,
Toshiba, Compaq, Axio, dan Dell berdasarkan persepsi konsumen, dan kesamaan
sikap responden dalam memberikan penilaian. Berdasarkan hasil analisis terdapat
perbedaan posisi masing-masing produk komputer jinjing (laptop) berdasarkan
persepsi konsumen. Hasil dari uji konsistensi dan kesamaan sikap responden juga
menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kesamaan sikap dalam menilai
kamiripan masing-masing produk komputer jinjing (laptop).