• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS MATRIK BOSTON CONSULTING GROUP PADA PERUSAHAAN BERAS CV. KAMAL LESTARI DI GAMBIRAN KALISAT JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    A (159)x_1.pdf (232.6Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    FATMAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian tentang Penentuan Strategi Pemasaran Berbasis Matriks Boston Consulting Group Pada CV. Kamaml Lestari Gambiran Kalisat Jember ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar relative, pangsa pasar, dan untuk memetakan produk dalam matriks Boston Consulting Group (BCG) dan menentukan alternative strategi perusahaan beras CV. Kamal Lestari pada tahun 2007. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa data penjualan jenis beras CV. Kamal Lestari dan data permintaan industri beras di Jember dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2006. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sedangkan metode analisis menggunakan Matriks Boston Consulting Group yang bertujuan untuk memetakan setiap jenis merk beras yang dimiliki oleh CV. Kamal Lestari. Sehingga dengan mengetahui posisi tiap merk perusahaan dapat menentukan strategi yang sesuai untuk kemajuan perusahaan. Dalam operasionalnya matrik ini memiliki dua sumbu dan terdiri dari empat sel. Kedua sumbu tersebut adalah sumbu vertical dan sumbu horizontal. Sumbu vertical menggambarkan Tingkat Pertumbuhan Pasar (Market Growth Rate) yang merupakan proksi daya tarik industri. Sedangkan sumbu horizontal menggambarkan besarnya pangsa pasar relative (Relative Market Share) yang dimiliki oleh masing-masing usaha unit usaha strategi. Empat sel tersebut adalah sel bersimbol tanda Tanya (?), simbol bintang (Star), symbol rupiah (Cash cow), anjing (dog). Hasil penelitia ini menunjukkan bahwa analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan Matriks Boston Consulting Group (BCG) pada CV. Kamal Lestari dapat disimpulkan posisi pemetaan merk Cobra, Dua Kelinci, dan Banteng sama-sama berada dalam posisi “Cash Cow” . Sehingga strategi yang dianjurkan untuk produk beras merk Cobra, Dua Kelinci dan Banteng yang berada pada posisi Cash Cow adalah memanen dan mempertahankan unit usaha yang ada.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26122
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository