ENGARUH PROFESIONALISME PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SPEEDY DI TELKOM LUMAJANG
Abstract
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk merupakan salah satu BUMN (Badan Usaha Milik
Negara) yang mengelola jasa telekomunikasi Sebagai BUMN, PT. Telkom dihadapkan pada
tanggung jawab ganda yaitu sebagai perusahaan yang mencari keuntungan (Profit Oriented),
untuk mempertahankan dan mengembangkan usahanya sekaligus sebagai sumber pendapatan
nasional. Speedy merupakan layanan akses internet broadband dengan basis teknologi ADSL
(Asymmetric Digital Subscriber Line) dari PT. Telkom yang diluncurkan di Lumajang pada
tanggal 1 Juli 2006 Beberapa hambatan yang dialami oleh P.TTelkom Lumajang yang
sekiranya menjadi pemicu timbulnya permasalahan yang serius dalam perusahaan meliputi
kualitas pelayanan yang dinilai kurang dapat memberikan pelayanan yang baik oleh para
pelanggan sebagai pengguna jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh profesionalisme
pegawai terhadap kualitas pelayanan Speedy di Telkom Lumajang. Penelitian ini menggunakan
kuantitatif deskriptif yang untuk mengetahui pengaruh profesionalisme pegawai terhadap
kualitas pelayanan speedy di PT. Telkom Lumajang. Dalam penelitian ini menggunakan
pengambilan sampel sampling isindental yang penentuan sampelnya berdasarkan kebetulan, dan
menggunakan purposive sampling yang dengan pertimbangan tertentu.Hasil perhitungan mengenai seberapa tinggi tingkat profesionalisme pegawai,
menunjukkan angka atau nilai dalam prosentase sebesar = 70,22%, yang berarti tingkat
profesionalisme pegawai tergolong dalam kriteria cukup tinggi. Hasil perhitungan mengenai
seberapa tinggi kualitas pelayanan Speedy, menunjukkan angka atau nilai dalam prosentase
sebesar = 63,73%. Angka atau nilai tersebut mempunyai arti bahwa tingkat kualitas pelayanan
Speedy tergolong dalam kriteria cukup tinggi. Sehingga menunjukkan bahwa profesionalisme
pegawai mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan Speedy di TELKOM
Lumajang.