Show simple item record

dc.contributor.authorTumiarsih
dc.date.accessioned2014-01-28T02:44:38Z
dc.date.available2014-01-28T02:44:38Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM070210204190
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26062
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran matematika sampai saat ini masih diajarkan melalui pembelajaran yang bersumber dari buku paket atau terkesan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari pikiran guru ke dalam pikiran siswa, sehingga prestasi hasil belajar matematika masih rendah. Penerapan pembelajaran kooperatif disertai permainan kartu bilangan dapat memberikan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami dan melatih siswa dalam berhitung campuran yang telah dipelajari melalui kegiatan atau belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif disertai permainan kartu bilangan pada sub pokok bahasan operasi hitung campuran pada siswa kelas IV semester ganjil SDN Purorejo 04 Lumajang Tahun Ajaran 2009/2010, (2) mengetahui aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran kooperatif disertai permainan kartu bilangan pada sub pokok bahasan operasi hitung campuran pada siswa kelas IV semester ganjil SDN Purorejo 04 Lumajang Tahun Ajaran 2009/2010, (3) mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dalam keterampilan dan keakuratan berhitung melalui penerapan pembelajaran kooperatif disertai permainan kartu bilangan pada sub pokok bahasan operasi hitung campuran pada siswa kelas IV semester ganjil SDN Purorejo 04 Lumajang Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Purorejo 04 kelas IV yang terdiri 16 siswa, 6 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Siswa dibagi menjadi empat kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya hádala penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis tes individu. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 25 Agustus sampai 11 September 2009 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Purorejo 04 Tempursari Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Pada pertemuan I, aktivitas siswa mencapai 70,3%, aktivitas guru 76%, tes individu 31,25%. Pertemuan II, aktivitas siswa mencapai 78,13% , aktivitas guru 83,3% dan tes individu 62,5% . Pertemuan ke III, aktivitas siswa mencapai 93,75% , aktivitas guru 93,3% dan tes individu 75%. Analisis data hasil penelitian siklus I post-tes I mencapai 62,5% , pada siklus II post-tes II sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut secara klasikal siswa kelas IV mencapai ketuntasan belajar dengan kategori sangat aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada sub pokok bahasan operasi hitung campuran. Penerapan pembelajaran kooperatif disertai permainan kartu bilangan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, meningkatkan keterampilan dan keakuratan berhitung, siswa dapat berinteraksi dengan kelompok belajarnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204190;
dc.subjectPERMAINAN KARTU, HITUNG CAMPURANen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DISERTAI PERMAINAN KARTUBILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GANJIL SDN PUROREJO 04 LUMAJANG TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record