• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN LKS BEPROGRAMA PADA SUB POKOK BAHASAN PERPINDAHAN KALOR DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (257)_1.pdf (269.2Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Binar Ayu Dewanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, khusunya pada tingkat sekolah menengah atas LKS berprograma diharapkan dapat menjawab permasalahan tersebut. Pengimplementasian LKS berprograma dalam kegiatan pembelajaran dilakukan dengan metode eksperimen. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat mencari tahu dan membuktikan sendiri apa yang telah mereka pelajari melalui kegiatan eksperimentasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan LKS berprograma yang valid serta mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika dan kinerja praktikum siswa setelah menggunakan LKS tersebut. LKS berprograma yang dikembangkan terbagi menjadi dua bentuk, yaitu LKS berprograma bercabang dan LKS berprograma linear. Hasil penelitian berupa LKS berprograma diharapkan dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.Uji pengembangan dilakukan dalam dua tahap yaitu validasi ahli dan uji coba lapangan. Diperoleh hasil dari validasi ahli dengan nilai 3,81 untuk LKS berprograma bercabang dan 3,96 untuk LKS berprograma linear. Data kualitatif menunjukkan bahwa LKS berprograma ini juga perlu diperbaiki pada aspek format, isi, bahasa, dan ilustrasi. Selain itu, berdasarkan hasil uji coba lapangan, pemahaman translasi siswa mencapai persentase 73,77%, pemahaman interpretasi siswa 94,58%, dan pemahaman ekstrapolasi siswa 83,58% dengan pemahaman secara classical sebesar 85%. Kinerja praktikum siswa setelah menggunakan LKS berprograma mencapai persentase sebesar 29,91% untuk aspek menjelaskan prosedur dan mengidentifikasi peralatan, 36,75% untuk aspek merancang atau merencanakan praktikum, 35,79% untuk aspek melakukan praktikum, 61,03% untuk aspek mengamati dan mencatat hasil, 71,32% untuk aspek menginterpretasi hasil dan merumuskan kesimpulan, serta 42,65% untuk aspek mengatur alat, menyelesaikan kegiatan, dan membersihkan tempat kerja.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26034
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository