Show simple item record

dc.contributor.authorJatmiko Budi Susilo
dc.date.accessioned2014-01-28T02:22:03Z
dc.date.available2014-01-28T02:22:03Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM050210101327
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26027
dc.description.abstractGeometri merupakan salah satu topik matematika sekolah yang cukup penting dalam mengembangkan intuisi keruangan, logika berpikir, dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan-kesulitan belajar sehingga hasil belajarnya terhadap geometri masih kurang maksimal. Model pembelajaran yang kurang sesuai, alat evaluasi yang kurang baik, dan materi yang kurang sesuai dengan tingkat berpikir siswa dapat menjadi penyebabnya. Suatu teori perkembangan berpikir dalam geometri (Teori van Hiele) sependapat dengan hal itu. Dia menyatakan bahwa pembelajaran geometri tidak akan efektif apabila proses pembelajaran yang disajikan oleh guru tidak sesuai dengan tingkat berpikir siswa. Oleh kerena itu, pengembangan perangkat pembelajaran geometri dilakukan sebagai upaya untuk menyelenggarakan pembelajaran geometri yang lebih baik (sesuai dengan tingkat berpikir siswa) sehingga hasil belajar siswa bisa lebih maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran geometri tingkat deduksi informal dan menganalisis proses atau tahapan pengembangannya. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D yang diadaptasi menjadi 4-P. Model 4-P terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian hanya menjalankan proses pengembangan dari tahap pendefinisian hingga pengembangan. Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran untuk menentukan kebutuhan-kebutuhan awal dalam suatu pembelajaran, seperti karakteristik berpikir dan pengalaman belajar siswa, materi atauen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101327;
dc.subjectPembelajaran Geometri Tingkat Deduksi Informal, Teori van Hieleen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI TINGKAT DEDUKSI INFORMAL MENURUT TEORI VAN HIELE POKOK BAHASAN SEGIEMPAT UNTUK SISWA SMP KELAS VIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record