• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN FITUR AUDIO-VIDEO STREAMING PADA WEB BASED BILINGUAL LEARNING POKOK BAHASAN SEGIEMPAT SMP KELAS VII SEMESTER GENAP

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (263)_1.pdf (228.8Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Birul Alim
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran berbasis web sudah mulai diminati oleh pelaku pendidikan khususnya di Sekolah Menengah Pertama. Desain web dan CD-CD interaktif dalam pembelajaran bukan merupakan fenomena baru lagi di kalangan akademis, pemanfaatannya sudah mulai menjadi kebutuhan real dalam segala aspek pembelajaran baik itu dalam real classroom maupun dalam virtual classroom, mengingat pelaku pendidikan sudah tidak dapat menghindarinya karena saratnya informasi yang harus diterima dan diberikan kepada subjek didiknya (Rikyanto, 2002:1). Penerapan dua bahasa dalam media pembelajaran matematika berbantuan komputer berbasis web yang didukung dengan penggunaan fitur Audio-Video Streaming, menjadi inovasi baru yang dikembangkan untuk mengoptimalkan kemampuan siswa. Maka dalam penelitian ini akan diambil sebuah judul yaitu “ Pengembangan Desain Media Pembelajaran Matemat ika dengan Fitur Audio-Video Streaming pada Web Based Bilingual Learning Pokok Bahasan Segiempat SMP Kelas VII Semester Genap ”. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplorasi, interview, literatur, angket dengan melibatkan responden dari siswa, tenaga pendidik, dan pakar teknologi informasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ini menggunakan analisis persentase untuk menentukan kualifikasi komponen produk media pembelajaran ini. Hasil dari angket pada tahap konsultasi dengan dewan pakar adalah 91% (kualifikasi sangat baik), tahap penilaian dan tanggapan guru matematika 88,21 % (kualifikasi sangat baik), tahap ujicoba siswa SMP 83.45 % (kualifikasi baik). Desain media pembelajaran matematika ini terdiri dari materi dan contoh, latihan soal, multimedia, kamus matematika, hiburan berupa game dan kalkulator. Produk akhir pengembangan media pembelajaran ini berupa web dan CD pembelajaran serta buku panduan penggunaan media. Media pembelajaran yang dihasilkan telah bersifat interaktif, terorganisir, menarik, variatif, dan menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia serta dapat diakses secara online maupun offline.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26016
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository