• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    METODE EKSPERIMEN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) DI SMP: STUDI PADA HASIL BELAJAR, EFEKTIVITAS, DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN KONSEP PESAWAT SEDERHANA

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (120)S_1.pdf (654.8Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Bagus Dwi Jaya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan one group pre test post test design. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SMP di Kotatif Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang belajar tentang konsep pesawat sederhana di SMP. Responden dalam penelitian ini adalah salah satu kelas yang belajar konsep pesawat sederhana di SMP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Uji paired samples t test dengan program SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah pertama; (2) Persentase efektivitas untuk menjawab rumusan masalah kedua; (3) Persentase retensi hasil belajar untuk menjawab rumusan masalah ketiga. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) < 0,05 dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA (fisika) sebelum dan sesudah pembelajaran MET. Adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA (fisika) siswa sebelum dan sesudah pembelajaran MET menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pemberian treatment melalui pembelajaran dengan MET terhadap hasil belajar IPA (fisika) siswa. Uji efektivitas hasil belajar IPA (fisika) pada pembelajaran MET diperoleh persentase 67,52%, angka ini masuk dalam kategori cukup efektif. Uji retensi hasil belajar IPA (fisika) setelah pembelajaran MET diperoleh persentase 101,09%, angka ini masuk dalam kategori tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26014
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository