METODE EKSPERIMEN TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) DI SMP: STUDI PADA HASIL BELAJAR, EFEKTIVITAS, DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN KONSEP PESAWAT SEDERHANA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan
one group pre test post test design. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu
SMP di Kotatif Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang belajar
tentang konsep pesawat sederhana di SMP. Responden dalam penelitian ini adalah
salah satu kelas yang belajar konsep pesawat sederhana di SMP. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan
wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Uji
paired samples t test dengan program SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah
pertama; (2) Persentase efektivitas untuk menjawab rumusan masalah kedua;
(3) Persentase retensi hasil belajar untuk menjawab rumusan masalah ketiga.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) < 0,05 dengan
demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi
diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA (fisika)
sebelum dan sesudah pembelajaran MET. Adanya perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar IPA (fisika) siswa sebelum dan sesudah pembelajaran MET
menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pemberian treatment melalui
pembelajaran dengan MET terhadap hasil belajar IPA (fisika) siswa. Uji
efektivitas hasil belajar IPA (fisika) pada pembelajaran MET diperoleh persentase
67,52%, angka ini masuk dalam kategori cukup efektif. Uji retensi hasil belajar
IPA (fisika) setelah pembelajaran MET diperoleh persentase 101,09%, angka ini
masuk dalam kategori tinggi.