PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 PUJER TAHUN AJARAN 2010-2011
Abstract
Berdasarkan data observasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 14
Oktober 2010 di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Pujer, ketuntasan hasil belajar fisika
siswa rendah. Data ulangan harian kelas VIII A dari 39 siswa 23 siswa atau lebih
58,97% siswa di SMP Negeri 1 Pujer kelas VIII A tidak menyimak penjelasan.
Selain itu siswa yang benar-benar mencatat materi yang disampaikan oleh guru
hanya sekitar 12,82 % atau sekitar 5 siswa. Begitu pula saat guru bertanya hanya
sekitar 20,51% atau 8 orang yang menjawab atau menanggapi pertanyaan yang
diberikan oleh guru. Hasil observasi tersebut menunjukkan bahwa aktivitas belajar
siswa sangat rendah pada proses pembelajaran fisika di kelas.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran
melalui strategi pembelajaran everyone is a teacher here. Strategi pembelajaran
ini merupakan salah satu tipe dari strategi pembelajaran aktif. Strategi
pembelajaran aktif adalah segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan siswa
berperan secara aktif dalam proses pembelajaran itu sendiri baik dalam bentuk
interaksi antar siswa maupun siswa dengan pengajar dalam proses pembelajaran
tersebut. Strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here adalah
strategi pembelajaran aktif dimana akan memberikan kesempatan kepada setiap
siswa untuk bertindak sebagai “pengajar” terhadap peserta didik yang lain.
Strategi pembelajaran aktif tipe ini memiliki tiga tahapan dasar yaitu pembagian
kartu indeks kepada siswa, penyusunan pertanyaan di kartu indeks oleh siswa, dan
yang terakhir siswa bermain peran menjadi berperan menjadi nara sumber dengan
jalan menjawab pertanyaan pada kartu indeks tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga subyek
penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Pujer tahun ajaran
2010-2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasiwawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan
skor aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar
siswa pada prasiklus, siklus 1, Siklus 2, dan siklus 3, serta hasil wawancara
dengan guru bidang studi dan siswa.
Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here dapat
meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VIII A SMP
Negeri 1 Pujer pada tiap siklusnya. Pada pra siklus aktivitas siswa secara klasikal
sebesar 20,17 % yang termasuk dalam kriteria kurang aktif. Pada siklus 1 aktivitas
siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 34,87%. yaitu dari 20,17%
menjadi 55,04% yang termasuk dalam sedang. Pada siklus 2 aktivitas siswa
secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 5,99% dari 55,04% menjadi
61,03% persentase tersebut termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus 3 aktivitas
siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 2,73% dari 55,04% menjadi
63,16% persentase tersebut termasuk dalam kriteria aktif. Aktivitas siswa dapat
meningkat karena, pada strategi pembelajaran yang digunkan dalam pembelajaran
ini yaitu strategi everyone is a teacher here mampu memicu siswa untuk aktif
bertanya, menjawab, bekerja kelompok, dan memgemukakan pendapat.