Show simple item record

dc.contributor.authorBrian Aziz Suryadana
dc.date.accessioned2014-01-28T02:10:04Z
dc.date.available2014-01-28T02:10:04Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26002
dc.description.abstractSecara umum, pelaksanaan pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas saat ini sering mengalami kendala, fakta yang terjadi menunjukkan bahwa fisika masih diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Proses pembelajaran ini cenderung terpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif. Peran guru hanya mengajarkan materi yang berorientasi pada hasil belajar tanpa memperhatikan bagaimana proses pembelajaran terjadi. Model konvensional ini menempatkan guru pada pusat perhatian dan siswa selalu menerima tanpa aktif berfikir dan hanya mencatat hal-hal penting saja. Dengan kata lain siswa ditempatkan sebagai objek dalam suatu pembelajaran. Group Investigation (GI) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Selain penggunaan model, guru harus mampu menerapkan media pembelajaran yang lebih menyenangkan dan komunikatif, salah satunya adalah media kartu masalah. Penggunaan media kartu masalah yang menarik diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan penerapan model Group Investigation (GI) diharapkan dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran sebagai salah satu indikator kualitas pembelajaran. Media kartu masalah dalam penelitian ini digunakan sebagai pelengkap dan menjadi variasi untuk model Group Investigation tujuannya adalah agar siswa dapat memahami konsep-konsep fisika yang dikemas dalam bentuk kartu melalui suatu permainan. Tahap-tahap Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : “adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) disertai Media Kartu Masalah dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran Fisika Di SMA?”.sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : “untuk mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) disertai Media Kartu Masalah dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran Fisika Di SMA”.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries07-2159;
dc.subjectPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DISERTAI MEDIA KARTU MASALAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record