ANALISIS SWOT (STRENGTHS, WEAKNESSES, OPPORTUNITIES, THREATS) STRATEGI PEMASARAN KUE GUNUNG BATU DALAM PEMBUATAN RENCANA JANGKA PENDEK DAN JANGKA PANJANG PADA PERUSAHAAN KUE GUNUNG BATU JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi
pemasaran pada perusahaan Kue Gunung Batu. Penelitian ini dilakukan di
perusahaan Kue Gunung Batu Jember dengan metode deskriptif kualitatif.
Kesimpulan diambil secara induktif. Deskripsi penelitian menjelaskan tentang
gambaran pelaksanaan strategi pemasaran Kue Gunung Batu dengan analisis SWOT
(Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) sehingga dapat diketahui pula
rencana jangka pendek dan jangka panjang sebagai wujud upaya nyata untuk
mencapai tujuan strategi pemasaran tersebut yaitu meningkatkan omzet penjualan
pada Kue Gunung Batu dan bertahan dalam persaingan. Penelitian ini menggunakan
analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk
mengidentifikasi faktor – faktor lingkungan internal (Strenghts, Weaknesses) dan
lingkungan eksternal (Opportunities, Threats) pada aplikasi pemasaran Kue Gunung
Batu untuk menggambarkan pelaksanaan strategi yang tercermin di dalamnya agar
dapat digambarkan pula rencana jangka pendek dan jangka panjang sebagai upaya
untuk mencapai tujuan strategi pemasaran. Kebenarannya dicari melalui triangulasi
yaitu membandingkan data dari perusahaan, hasil wawancara dengan informan yaitu
penentu kebijakan dan konsumen yang menilainya, serta hasil pengamatan peneliti
pada pelaksanaan strategi pemasaran yang diterapkan pada perusahaan Kue Gunung
Batu. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pelaksanaan strategi pemasaran yang
diterapkan pada perusahaan Kue Gunung Batu melalui rencana jangka pendek dan
jangka panjang sampai Nopember 2010 berjalan efektif karena tujuan strategi
pemasaran untuk meningkatkan omzet penjualan sehingga mampu bertahan di tengah
persaingan dapat dicapai.