PENGGUNAAN MEDIA CD (COMPACT DISC) INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas X-6 Semester Genap di SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 Materi Konsumsi dan Investasi)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media CD interaktif dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-6 di SMA Muhammadiyah 3
Jember dalam proses pembelajaran ekonomi materi konsumsi dan investasi. Peningkatan
tersebut dibuktikan dari hasil pelaksanaan siklus I dan II. Hasil observasi mengenai
motivasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan pada seluruh indikator motivasi
yang awalnya masuk kriteria sedang, setelah diterapkannya tindakan pada siklus II
meningkat hingga mencapai kriteria tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa yang sesuai
dengan KKM dapat diketahui dari peningkatan nilai rata-rata ulangan harian siswa yang
awalnya sebesar 73,54 pada siklus I pertemuan I dengan kriteria baik, meningkat menjadi
74,16 pada pertemuan II. Pada siklus II pertemuan I meningkat kembali menjadi 75,53
dan pada pertemuan II meningkat menjadi 79,25 dengan kriteria baik. Hasil tersebut telah
memenuhi ketuntasan secara individu yaitu sebesar ≥75. Ketuntasan secara klasikal juga
mengalami peningkatan yang awalnya sebesar 70,45% pada siklus I pertemuan I,
meningkat menjadi 72,73% pada pertemuan II. Pada siklus II pertemuan I meningkat
menjadi 77,27% dan kembali meningkat pada pertemuan II mencapai 86,36%.
Ketuntasan secara klasikal telah tercapai pada siklus II yaitu dengan nilai sebesar ≥75%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan
media CD Interaktif dalam proses pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa dari kategori rendah menjadi kategori tinggi dan hasil belajar yang
memenuhi standar ketuntasan siswa kelas X-6 semester genap SMA Muhammadiyah 3
Jember Tahun Pelajaran 2010-2011 Materi Konsumsi dan Investasi.