Show simple item record

dc.contributor.authorYusuf Pramono Utomo
dc.date.accessioned2014-01-28T02:03:11Z
dc.date.available2014-01-28T02:03:11Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM100210274051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25986
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPA, siswa kelas IV SDN Suci 01 Kecamatan Panti disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: pemahaman tentang materi IPA rendah, metode pembelajaran yang digunakan di sekolah masih berpusat pada guru, siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, pembelajaran yang kurang memanfaatkan potensi siswa seperti kerja sama antar siswa dalam menyelesaikan suatu masalah sehingga pemahaman terhadap suatu materi sulit dicerna hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Pembelajaran kooperatif sebagai alternatif untuk dapat meningkatkan pemahaman dan ketuntasan hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran dimana siswa di dalam kelompok kecilnya bekerja sama dan saling tukar pendapat untuk mengungkapkan pikiran mengenai pokok permasalahan tertentu. Salah satu pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan aktifitas siswa dan kemampuan akademik adalah tipe Think-PairShare (TPS). Pada tipe ini siswa dikelompokkan secara berpasangan dimana masing-masing memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Tujuannya adalah untuk memberikan waktu yang lebih banyak pada siswa untuk berpikir serta merespon sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa dan memperkecil siswa untuk pasif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Rendahnya nilai hasil belajar IPA, siswa kelas IV SDN Suci 01 Kecamatan Panti disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: pemahaman tentang materi IPA rendah, metode pembelajaran yang digunakan di sekolah masih berpusat pada guru, siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, pembelajaran yang kurang memanfaatkan potensi siswa seperti kerja sama antar siswa dalam menyelesaikan suatu masalah sehingga pemahaman terhadap suatu materi sulit dicerna hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Pembelajaran kooperatif sebagai alternatif untuk dapat meningkatkan pemahaman dan ketuntasan hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran dimana siswa di dalam kelompok kecilnya bekerja sama dan saling tukar pendapat untuk mengungkapkan pikiran mengenai pokok permasalahan tertentu. Salah satu pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan aktifitas siswa dan kemampuan akademik adalah tipe Think-PairShare (TPS). Pada tipe ini siswa dikelompokkan secara berpasangan dimana masing-masing memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Tujuannya adalah untuk memberikan waktu yang lebih banyak pada siswa untuk berpikir serta merespon sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa dan memperkecil siswa untuk pasif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Rendahnya nilai hasil belajar IPA, siswa kelas IV SDN Suci 01 Kecamatan Panti disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: pemahaman tentang materi IPA rendah, metode pembelajaran yang digunakan di sekolah masih berpusat pada guru, siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, pembelajaran yang kurang memanfaatkan potensi siswa seperti kerja sama antar siswa dalam menyelesaikan suatu masalah sehingga pemahaman terhadap suatu materi sulit dicerna hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Pembelajaran kooperatif sebagai alternatif untuk dapat meningkatkan pemahaman dan ketuntasan hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran dimana siswa di dalam kelompok kecilnya bekerja sama dan saling tukar pendapat untuk mengungkapkan pikiran mengenai pokok permasalahan tertentu. Salah satu pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan aktifitas siswa dan kemampuan akademik adalah tipe Think-PairShare (TPS). Pada tipe ini siswa dikelompokkan secara berpasangan dimana masing-masing memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Tujuannya adalah untuk memberikan waktu yang lebih banyak pada siswa untuk berpikir serta merespon sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa dan memperkecil siswa untuk pasif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Rendahnya nilai hasil belajar IPA, siswa kelas IV SDN Suci 01 Kecamatan Panti disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: pemahaman tentang materi IPA rendah, metode pembelajaran yang digunakan di sekolah masih berpusat pada guru, siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran, pembelajaran yang kurang memanfaatkan potensi siswa seperti kerja sama antar siswa dalam menyelesaikan suatu masalah sehingga pemahaman terhadap suatu materi sulit dicerna hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Pembelajaran kooperatif sebagai alternatif untuk dapat meningkatkan pemahaman dan ketuntasan hasil belajar siswa. Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran dimana siswa di dalam kelompok kecilnya bekerja sama dan saling tukar pendapat untuk mengungkapkan pikiran mengenai pokok permasalahan tertentu. Salah satu pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan aktifitas siswa dan kemampuan akademik adalah tipe Think-PairShare (TPS). Pada tipe ini siswa dikelompokkan secara berpasangan dimana masing-masing memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Tujuannya adalah untuk memberikan waktu yang lebih banyak pada siswa untuk berpikir serta merespon sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa dan memperkecil siswa untuk pasif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Suci 01 Kecamatan Panti Kabupaten Jember yang terdiri dari 32 siswa, 13 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 16 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis tes individu, dan tes kelompok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran think pair share efektif digunakan pada pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas. Dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan energi panas. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase hasil tes akhir siklus 1 dan 2. Persentase hasil tes akhir siswa pada siklus 1 sebesar 78,13%, dan pada siklus 2 sebesar 90,63%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274051;
dc.subjectMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV DI SDN SUCI 01 KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record