• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODUL BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS VII A SMP NEGERI 2 MAYANG

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (304)_1.pdf (177.6Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Yusup Tauziri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Data hasil observasi pada tanggal 12 Agustus 2010 di kelas VII A SMP Negeri 2 Mayang Tahun ajaran 2010/2011 dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika masih rendah, mengingat Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang harus dicapai siswa agar dapat dikatakan tuntas dalam mengikuti pembelajaran yaitu nilai ≥65 (Sumber: keputusan Kepala sekolah SMP Negeri 2 Mayang ). Hal ini ditunjukan berdasarkan data kelas dari 38 orang siswa, sebanyak 3 orang siswa (7.8%) dinyatakan tuntas belajar dan mendapatkan nilai ≤65 dan 35 siswa (92,2%) dinyatakan tidak tuntas (<65). Selain itu aktivitas siswa yang terlihat cenderung pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Perlu mengadakan pembelajaran fisika yang efektif dan menyenangkan bagi siswa khususnya yang dapat membantu dalam menyelesaikan masalah rendahnya aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan. Modul Bergambar adalah suatu modul yang didalamnya disertai gambar-gambar peristiwa atau gejala Fisika yang bertujuan memfokuskan perhatian siswa dalam mengingat dan menghadapi pertanyaan (permasalahan) yang relevan dalam konsep Fisika, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep Fisika. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1)Bagaimanakah penggunaan modul bergambar dapat meningkatkan aktivitas belajar Fisika siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Mayang? (2)Bagaimanakah penggunaan modul bergambar dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar Fisika siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Mayang ?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan pembelajaran menggunakan Modul Bergambar dalam meningkatkan ketuntasan hasil belajar Fisika siswa SMP Negeri 2 Mayang. (2) Untuk mendiskripsikan pembelajaran menggunakan Modul Bergambar dalam meningkatkan aktivitas belajar Fisika siswa SMP Negeri 2 Mayang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Mayang . Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama menggunakan persentase aktivitas sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua menggunakan persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil analisis uji aktivitas siswa menggunakan rasio antara jumlah skor aktivitas siswa yang diperoleh dengan skor maksimum, diperoleh persentase aktivitas siswa meningkat sebesar 87,5% yang tercapai pada siklus ke-2, yang termasuk pada kriteria aktivitas siswa sangat aktif. Analisis data ketuntasan belajar siswa menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar diperoleh sebesar 89,5%, dikategorikan sebagai siswa tuntas belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran Fisika dengan Modul Bergambar di kelas VII A SMP Negeri 2 Mayang Tahun ajaran 2010/2011 menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari kategori kurang aktif menjadi sangat aktif. Pada siklus I dan Siklus II, masing-masing persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 85,75% dan 87,5% dalam kriteria sangat aktif. (2) Penerapan Modul Bergambar menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Mayang Tahun ajaran 2010/2011 dari 7,9% menjadi 79% pada perlkuan pertama, dan pada perlakuan kedua terjadi peningkatan dari 79% menjadi 89,5%. Pada siklus I, terdapat 30 siswa mencapai ketuntasan hasil belajar, Siklus II terdapat 34 siswa mencapai ketuntasan hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25980
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository