• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Energi Menggunakan Metode Demonstrasi dan Eksperimen Pada Siswa Kelas III SDN Rambigundam 01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    306_1.pdf (413.2Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    Tri Palupi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    RINGKASAN Tri Palupi. 2011. ” Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Energi Menggunakan Metode Demonstrasi dan Eksperimen Pada Siswa Kelas III SDN Rambigundam 01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011 ”. Tugas Akhir, Program Studi PJJICT S-1 PGSD FKIP Universitas Jember. Pembimbing : Ir. Imam Mudakir, M.S.i Dari hasil obsrervasi yang dilakukan oleh observer di kelas III SDN Rambigundam 01 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran antara lain hasil belajar klasikal siswa rendah (53,5%) yang masih jauh dari KKM yang ditetapkan sekolah (70%) dan aktifitas belajar siswa juga rendah.. Tujuan penelitian adalah memperbaiki aktifitas hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk siswa, guru, dan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode demonstrasi sebab metode ini dapat memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru atau sumber belajar lain yang ahli dalam topik bahasan yang harus didemonstrasikan. Metode eksperimen dalam pembelajaran adalah cara penyajian bahan pelajaran yang memungkinkan siswa melakukan percobaan untuk membuktikan sendiri suatu pernyataan atau hipotesis yang dipelajari. Desain penelitian menggunakan pendapat prinsip Kemmis S, MC Toggar R (1988). Penelitian berlangsung selama 2 siklus. Dalam 1 siklus terdiri 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengukur ketuntasan belajar aspek kognitif, digunakan standar ketuntasan individual nilai 60 sebagai skor minimal dari skor maksimal 100. Dalam hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran di siklus 1 dan 2 terbukti bahwa penggunaan metode demonstrasi dan eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa. Indikasi tersebut ditandai dengan adanya kenaikan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa dari 15 siswa (53,5 %) pada pra siklus meningkat menjadi 18 siswa (64,2%) pada siklus I dan nilai rata-rata dari 59,2. Dalam pelaksanaan siklus 2 terdapat kenaikan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa, dari 18 siswa (64,2 %) meningkat menjadi 28 siswa (100 %). Nilai rata-rata dari 59,2 pada siklus 1 menjadi 70,7di siklus 2 .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25946
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository