Show simple item record

dc.contributor.authorTrisnawadi Ismardani
dc.date.accessioned2014-01-28T01:42:46Z
dc.date.available2014-01-28T01:42:46Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM100210274054
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25941
dc.description.abstractABSTRAK Ismardani, Trisnawadi. 2012. Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV Melalui Metode Group Investigation Pada Kompetensi Dasar Sumber Daya Alam Dan Kegiatan Ekonomi Di SDN Bantaran 2 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Tugas Akhir Program PJJ S-1 PGSD FKIP Universitas Jember. Pembimbing : Drs. Bambang Suyadi, M.si. Kata Kunci : Aktivitas belajar, Prestasi Belajar, Kooperatif, Group Investigation, Pembelajaran IPS. Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam perisiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: Bagaimanakah penerapan metode group investigation dalam Pembelajaran IPS Kompetensi Dasar Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bantaran 2 tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS kompetensi dasar sumber daya alam dan kegiatan ekonomi melalui penerapan metode group investigation pada siswa kelas Ivsemester II SD Negeri Bantaran 2 Probolinggo tahun pelajaran 2011/2012 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Bantaran 2. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I sebesar (87%) dan siklus II (100%). Selain itu, prosentase pengamatan aktivitas siswa juga mengalami kenaikan seiring dengan kenaikan prestasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode group investigation dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa kelas VI SDN Bantaran 2 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274054;
dc.subjectAktivitas belajar, Prestasi Belajar, Kooperatif, Group Investigation, Pembelajaran IPS.en_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV Melalui Metode Group Investigation Pada Kompetensi Dasar Sumber Daya Alam Dan Kegiatan Ekonomi Di SDN Bantaran 2 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record