• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasa Pesawat Sederhana Melalui Model Kooperatif Inside Outside Circle di SDN Tugusari 02 JEMBER Tahun Ajaran 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (153)a_1.pdf (567.1Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    RISDIANTY, Ghestika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebagai salah satu mata pelajaran di Sekolah Dasar yang merupakan program untuk menanamkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai ilmiah para siswa, serta rasa cinta dan menghargai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa Berdasarkan hasil observasi pada hari Senin tanggal 3 Oktober 2011 di SD Tugusari 02 kelas V masih ditemukan berbagai permasalahan, terutama pada mata pelajaran IPA. Hal ini di dukung dari data nilai ulangan harian siswa yang rendah yaitu rata-rata mencapai 57.22%. Dengan rata-rata yang kurang memuaskan tersebut membuktikan bahwa di SDN Tugusari 02 Jember terdapat beberapa masalah. Pertama guru sudah menggunakan metode-metode yang bervariasi dalam pembelajarannya. Tidak hanya sebatas pada metode ceramah, guru juga telah melakukan metode tanya jawab, diskusi dan tutor sebaya. Namun demikian metode-metode ini tidak diterapkan dengan suatu model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga siswa mudah merasa bosan. Lebih dari itu model ini telah dilakukan berulang-ulang oleh guru. Kedua, sebagian siswa sebenarnya cukup aktif dalam proses pembelajaran, tapi keaktifan itu tidak merata. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Ketiga, dominasi guru masih tinggi sehingga aktivitas siswa kurang optimal yang mengakibatkan hasil belajar siswa tidak memenuhi standar ketuntasan minimal. Berdasarkan latar belakang di atas maka dirumuskan masalah sebagai berikut: 1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui penerapan model kooperatif Inside Outside Circle di SDN Tugusari 02 Jember? 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui penerapan model kooperatif Inside Outside Circle di SDN Tugusari 02 Jember? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui model kooperatif Inside Outside Circle di SDN Tugusari 02 Jember, dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui model kooperatif Inside Outside Circle di SDN Tugusari 02 Jember. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Tugusari 02 Jember tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 54 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Aktivitas belajar siswa pada Pra siklus yaitu sebesar 51.2% dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 76,9% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 76,9% menjadi 82.3%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari Pra siklus ke siklus I yang diikuti oleh 54 siswa. Pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 36 siswa atau 67% secara klasikal. Pada siklus II, siswa yang tuntas berjumlah 50 siswa atau sebesar 93% secara klasikal atau mencapai ketuntasan seperti yang diharapkan yaitu >65 sehingga pembelajaran dihentikan pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Tugusari 02 Jember mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran IPA menggunakan model kooperatif tipe Inside Outside Circle. Disarankan kepada guru untuk selalu berupaya mencari alternatif terbaik dalam menyampaikan pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25924
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5687]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository