• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERJATI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (183)xx_1.pdf (361.9Kb)
    Date
    2014-01-28
    Author
    RISNAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menurunnya aktivitas dan nilai hasil belajar IPA di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran dan media pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPA sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPA yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPA. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa metode pembelajaran. Metode dan media tersebut dapat mendekatkan IPA kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Sumberjati 01 dalam Pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Jember, serta (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumberjati 01 dalam Pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumberjati 01 dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber energi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Sumberjati 01 Kecamatan Silo, dimulai pada tanggal 02 Maret 2011 sampai tanggal 10 Maret 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 28 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema kemis dan taggar dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan Dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, kemampuan akademik dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Persentase hasil tes formatif mengalami peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II dari 53,57% menjadi 82,14%. Aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I sampai dengan siklus II dari 62,5% menjadi 79,46%. Peningkatan aktivitas diatas, dapat dilihat bahwa dengan bermain peran dapat meminimalisir kekurangan dari pembelajaran tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber energi dikatakan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumberjati 01 Kecamatan Silo, Kabupaten Jember pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 53,57% atau sebanyak 15 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 82,14% atau sebanyak 23 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Saran dari penelitian ini adalah pendekatan Contextual teaching and Learning (CTL) dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan yang lain dan kelas yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25906
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository