PERAN KELUARGA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK (Studi Deskriptif di SMP Terbuka Desa Antirogo Kecamatan Sumbersari Jember)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan
menganalisis peran keluarga dan guru dalam meningkatkan minat belajar anak di
SMP Terbuka Desa Antirogo Kecamatan Sumbersari Jember . Metode penelitian
kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini
menggunakan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data yang dilakukan
dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam
menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penelitian ini, peran guru
sebagai orang tua di sekolah dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah
sebagai demonstrator yaitu dengan menguasai materi pelajaran yang akan
diberikan kepada siswa , sebagai motivator yaitu dengan memberikan dorongan
kepada siswa agar lebih minat terhadap pelajaran, sebagai mediator yaitu menjadi
perantara siswa dengan lingkungan dalam menyikapi menurunnya minat belajar
anak, sebagai fasilitator yaitu dengan menyediakan bahan ajar di sekolah dan
sebagai evaluator yaitu dengan memberikan semacam tes kepada siswa untuk
mengetahui apakah peran guru setiap harinya dapat meningkatkan minat belajar
siswa.Sedangkan Ibu yang berperan sebagai orang tua dirumah dan lebih banyak
menghabiskan waktu dengan anak lebih berperan sebagai motivator. Motivator
tersebut dapat berupa teguran dan pengawasan yang lebih terhadap anak.