MAKNA DAN FUNGSI TELEPON GENGGAM BAGI PELAJAR (Studi Deskriptif pada Pelajar di SMU Negeri 1 Jember)
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan
telepon genggam di kalangan pelajar SMU Negeri 1 Jember, motif sosial yang
mendasari mereka membeli telepon genggam, serta alasan-alasan yang membuat
mereka kecanduan telepon genggam. Penulis memilih SMU ! karena merupakan
sekolah unggulan dan terfavorit di Jember, sehingga dapat dijadikan sebagai
gambaran umum dari keseluruhan SMU di Jember.
Penelitian ini bersifat analitis dengan menggunakan pendekatan kualitatif di dalam
koridor interaksionisme simbolik. Pendekatan ini dianggap relevan untuk menggali
dan membangun suatu proposisi atau menjelaskan makna di balik realitas yang ada.
Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball
sampling, yang menggunakan guru BK sebagai informan kunci. Dari informan kunci
di dapat 5 informan primer, yang kesemuanya merupakan siswa kelas tiga. Selain
informan primer, penulis juga menggunakan 7 informan sekunder yang kesemuanya
merupakan orang-orang yang ada di sekitar informan primer yaitu guru, orang tua,
teman dan saudara. Informasi yang didapat digunakan untuk melengkapi keterangan
yang diberikan informan primer.
Data hasil penelitian diperoleh dengan cara observasi yaitu pengamatan secara
langsung ke lokasi penelitian, depth interview, mengadakan proses wawancara secara
mendalam kepada informan dan dokumentasi, dengan cara mengumpulkan data
dalam bentuk foto. Setelah data terkumpul maka peneliti mengadakan analisis data.
Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif, yaitu
peneliti mendeskripsikan temuan data kemudian diinterprestasikan.