ANALISIS EVALUASI PRODUCT POSITIONING SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO DI KALANGAN REMAJA KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai diantaranya adalah
mengetahui prioritas konsumen dalam membeli produk alat transportasi berupa
sepeda motor berdasarkan atribut yang dimiliki, menganalisis persepsi konsumen
terhadap product positioning dari produk alat transportasi berupa sepeda motor dan
menganalisis ketepatan positioning yang dilakukan oleh perusahaan. Dalam
melakukan pengolahan data, penelitian ini menggunakan tabel prioritas untuk
mengetahui prioritas konsumen, menggunakan metode Fishbein’s Attitude Model
untuk meneliti sikap keseluruhan dari konsumen terhadap produk, dan menggunakan
uji hipotesis dengan Z test untuk menganalisis mengenai ketepatan positioning. Dari
pengolahan data diperoleh hasil bahwa mudah dikendarai, harga beli terjangkau,
model minimalis dan beragam tipe model diprioritaskan oleh konsumen dalam
membeli alat transportasi berupa sepeda motor Yamaha Mio. Konsumen memberi
persepsi yang baik terhadap atribut mudah dikendarai, harga beli terjangkau, model
minimalis dan beragam tipe model. Dari uji ketepatan positioning diperoleh hasil
bahwa artibut mudah dikendarai, atribut harga beli terjangkau, atribut model
minimalis dan atribut beragam tipe model yang dinilai tepat menjawab kebutuhan
konsumen dan atribut gesit dan bertenaga kurang tepat menjawab kebutuhan
konsumen.