ANALISIS KOMPARATIF PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION MEREK ASLI DAN TIRUAN
Abstract
Penelitian ini mengkomparasi konsumen yang menggunakan barang fashion
merek asli dan merek palsu, oleh karenanya diambil 2 segmen populasi yang
dianggap mampu mewakili konsumen dari dua macam barang fashion ini. Segmen
tersebut yaitu segmen dari konsumen dengan tingkat ekonomi menengah ke atas dan
konsumen dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.
Penelitian ini mengambi populasi masyarakat yang mengunjungi Mall Ciputra
World dipilih untuk mewakili segmen dengan tingkat ekonomi menengah ke atas
dengan pertimbangan bahwa masyarakat pengunjung Mall tersebut disebut sebagai
golongan yang identik dengan gaya hidup yang tinggi. Sedangkan untuk mewakili
segmen tingkat ekonomi menengah ke bawah, penelitian ini memilih populasi
masyarakat pengunjung Mall ITC
. Data yang digunakan adalah data primer yang
diambil dari pengisian kuesioner oleh 240 responden dengan proporsi 120 responden
untuk masing-masing segmen. Pengambilan sampel menggunakan dengan teknik
accidental sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear
berganda dengan pendekatan konfirmatori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 variabel yaitu interest, value dan
demograph memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan pembelian produk
fashion merek asli, sedangkan bagi konsumen tingkat ekonomi menengah ke bawah
keputusan pembelian mendapat pengaruh yang besar dari variabel activities, Interest
dan demograph.
Collections
- MT-Management [539]