PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN KELILING, LUAS PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VIIA SEMESTER GENAP SMP PGRI 02 BINANGUN BLITAR TAHUN AJARAN 2008/2009
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa ini semakin
pesat seiring dengan era globalisasi, yang berdampak pada cepatnya arus informasi
dan menipisnya batas antar negara. Keadaan ini menuntut masyarakat dan bangsa
Indonesia harus siap dan cakap dalam menghadapinya. Salah satu cara yang harus
dilakukan adalah peningkatan dan perbaikan pembangunan di bidang pendidikan
Untuk itu guru harus melakukan inovasi dan bersikap kreatif dalam menyajikan
materi. Sehingga diperlukan pengembangan metode pembelajaran yang efektif dan
efisien yang bisa memotivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajarnya dapat
maksimal. Oleh karena itu dilaksanakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan
Menyenangkan (PAKEM) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation (GI).
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui
aktivitas siswa pada penerapan PAKEM dengan model kooperatif tipe Group
Investigation (GI) dalam pembelajaran matematika sub pokok bahasan keliling, luas
persegi panjang dan persegi kelas VIIA semester genap SMP PGRI 02 Binangun
Blitar tahun ajaran 2008/2009, (2) untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa
setelah mengikuti PAKEM dengan model kooperatif tipe Group Investigation (GI)
dalam pembelajaran matematika sub pokok bahasan keliling, luas persegi panjang dan persegi kelas VIIA semester genap SMP PGRI 02 Binangun Blitar tahun ajaran
2008/2009.
Pengambilan data dilaksanakan di SMP PGRI 02 Binangun Blitar mulai
tanggal 16 – 30 April 2009. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIIA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan
kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, dan observasi.
Penelitian ini dilaksanakan satu siklus. Hasil tes pembelajaran I menunjukkan bahwa
75,76 % siswa mencapai ketuntasan belajar dan pada tes pembelajaran II ketuntasan
belajar mencapai 90,91 %. Sedangkan hasil observasi aktifitas siswa mengalami
peningkatan, terbukti dari pembelajaran I persentase siswa yang aktif 59,60 %, kreatif
77,78 %, efektif 75,76 % dan menyenangkan 96,97 %. Pada Pembelajaran II
persentase siswa yang aktif 71,72 %, kreatif 80,81 %, efektif 79,80 % dan
menyenangkan 100 %. Aktifitas siswa secara kelompok pada pembelajaran I
mencapai 83,34 % dan pada pembelajaran II mencapai 92,59 %.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) pada
penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dengan
model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pembelajaran
matematika sub pokok bahasan keliling, luas persegi panjang dan persegi kelas VIIA
semester genap SMP PGRI 02 Binangun Blitar tahun ajaran 2008/2009 diperoleh
persentase aktifitas siswa secara individu pada pembelajaran I sebesar 77,53 % dan
pada pembelajaran II sebesar 83,08 %. Sedangkan persentase aktifitas siswa secara
kelompok pada pembelajaran I sebesar 83,34 % dan pada pembelajaran II sebesar
92,59 %. (2) pada penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
(PAKEM) dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sub pokok
bahasan keliling, luas persegi panjang dan persegi kelas VIIA semester genap SMP
PGRI 02 Binangun Blitar tahun ajaran 2008/2009 diperoleh ketuntasan belajar siswa
sebesar 75,76 % pada pembelajaran I dan 90,91 %.pada pembelajaran II.