PELAKSANAAN ADMINISTRASI ANGGARAN BELANJA PEMBANGUNAN PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil dari kegiatan Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan
di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jember dan tanya jawab
serta wawancara dengan para karyawan KPPN dan data-data yang terkumpul
mengenai Pelaksanaan Administrasi Anggaran Belanja Pembangunan Pada
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut :
1. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jember merupakan bagian
instansi dari departemen keuangan yang merupakan unsur pelaksana tugas
pokok dari Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) yang melaksanakan sebagaian
tugas dari Departemen Keuangan dibidang Anggaran Pendapatan dan Belanja
Negara (APBN) berdasarkan kebijaksanaan yang telah ditetapkan oleh
Menteri Keuangan
2. Struktur organisasi yang diterapkan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan
Negara (KPPN) Jember adalah Struktur organisasi garis yaitu setiap atasan
mempunyai bawahan tertentu, dan seorang bawahan bertanggungjawab
kepada atasannya atas pelaksanaan pekerjaan yang telah diperintahkan
3. Pelaksanaan administrasi pembayaran anggaran belanja pembangunan oleh
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jember meliputi kegiatankegiatan
sebagai
berikut
:
a. Membantu pengujian terhadap Surat Perintah Membayar (SPM)
b. Melakukan pengujian terhadap perhitungan gaji Pegawai Negeri Sipil
(PNS)
c. Membantu Mengisi Kartu Pegawai.
d. Membantu Pengujian lembar SP2D
e. Membantu Penerbitan Surat Perintah Membayar pada Seksi
Bendaharawan Umum yang meliputi :
46
47
Penerimaan Surat Permintaan Pembayaran Pembangunan Langsung
(SPPP-LS) yang diajukan oleh bendaharawan kepada sub bagian umum
melalui petugas loket
Pengujian Surat Permintaan Pembayaran Pembangunan Langsung (SPPLS)
oleh
seksi
Perbendaharaan
Proses
penyelesaian Surat Perintah Membayar Langsung (SPM-LS) oleh
seksi Bendaharawan Umu