dc.description.abstract | Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif apabila seorang guru
bisa menggunakan metode-metode yang bervariatif utamanya pada media
pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penggunaan media
gambar dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn pokok bahasan
mengenal globalisasi pada siswa kelas IV SDN Ajung 04 Kec. Kalisat Kab. Jember.
Berdasarkan rendahnya hasil belajar mata pelajaran PKn SDN Ajung 04 disebabkan
oleh beberapa faktor yaitu; metode pembelajaran yang kurang tepat dan masih belum
efektif, penggunaan media pembelajaran yang sangat terbatas, sehingga pemahan
konsep mata pelajaran PKn sulit dicerna oleh siswa. Salah satu cara untuk
memecahkan masalah pada mata pelajaran PKn, guru harus berperan aktif dalam
menciptakan metode-metode yang akan dipakai dalam proses belajar mengajar,
contohnya penggunaan media yang lebih menarik seperti media gambar, hal ini
bertujuan untuk menarik minat siswa melalui media gambar. Metode-metode tersebut
dapat memberikan kesempatan lebih banyak terhadap siswa untuk lebih aktif dan
dapat membangun motivasi belajar pada diri siswa.
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui
pembelajaran dengan menggunakan media gambar mata pelajaran PKn pokok
bahasan mengenal globalisasi pada siswa kelas IV SDN Ajung 04 Kec. Kalisat Kab.
Jember Tahun Ajaran 2009/2010. pengambilan data dilaksanakan di SDN Ajung 04
Kec. Kalisat pada tanggal 3 April 2010 sampai tanggal 13 April 2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20, terdiri atas 8 laki-laki dan
12 perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif
dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa analisis
jawaban siswa pada tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil wawancara dengan
guru dan siswa kelas IV.
Hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu aktivitas belajar
siswa 54 %, aktivitas kelompok 63 %, dan hasil tes formatif I 65 %. Sedangkan
ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 40 %. Hasil persentase ketuntasan belajar
siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu aktivitas belajar
siswa 93 %, aktivitas kelompok 88 %, dan hasil tes formatif II 83 %. Sedangkan
ketuntasan klasikal pada siklus II mencapai 85 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan media gambar pada
mata pelajaran PKn pokok bahasan mengenal globalisasi, siswa kelas IV SDN Ajung
04 telah banyak mengalami peningkatan mulai dari siklus I sampai dengan siklus II
dan telah mencapai SKM.
Setelah diamati dan dikaji ternyata pembelajaran PKn melalui media gambar
yang ditunjukkan dengan menggunakan proyektor, dapat menarik perhatian dan
kemauan siswa untuk mempelajari PKn, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar
siswa, sesuai dengan SKM yang ditentukan oleh sekolah. Untuk itu disarankan
supaya sekolah -sekolah dapat mengupayakan pengadaan media- media
pembelajaran yang sesuai dengan era globalisasi saat ini. Suatu contoh : OHP, LCD
Proyektor, Laptop, Kamera digital, Handycam. | en_US |