• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL ELABORASI TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-jadnikadwi-8050-1-jadnika-akk_1fkip.pdf (713.7Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Jadnika Dwi RA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    embelajaran fisika tidak harus lagi mengarah kepada pembelajaran yang bersifat instruksional, yaitu pembelajaran yang hanya dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan biasanya terpusat pada guru, tetapi harus mengarah kepada pembelajaran yang bersifat dua arah, yaitu pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa secara aktif sehingga pembelajaran tidak hanya berasal dari guru tetapi juga berasal dari siswa. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil dan akitivitas belajar siswa adalah Model Elaborasi Rumusan masalah dari penelitian adalah (1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara pembelajaran yang menggunakan model Elaborasi dengan pembelajaran konvensional di SMA? (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa menggunakan model Elababorasi dan dengan model konvensional pada Pembelajaran Fisika di SMA? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar Fisika antara pembelajaran yang menggunakan model Elaborasi dan pembelajaran konvensional di SMA. ; 2) Mengkaji aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model Elaborasi dalam pembelajaran Fisika di SMA. Fisika merupakan ilmu yang banyak mendasari perkembangan ilmu lain, teknologi, serta sebagai ilmu yang banyak digunakan untuk menganalisis sebagian besar peristiwa alam maupun peristiwa riil. Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang gejala alam dan gejala-gejalanya. Oleh karena itu, sebagian besar peristiwa alam dipelajari dalam fisika. Hal ini menyebabkan diperlukan aktivitas-aktivitas dan pola pikir yang cermat dari guru ataupun siswa dalam mempelajari fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25709
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4211]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository