dc.description.abstract | Daya Kreativitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di kelas X-6 MA Negeri
Situbondo masih rendah dengan skor 35,41 (20% ≤ P < 40%). Selain itu, hasil belajar
siswa kelas X-6 pada mata pelajaran Ekonomi juga masih belum memenuhi standar
ketuntasan. Untuk itu, diperlukan metode pembelajaran yang dapat
menyelesaikannya, sehingga dapat meningkatkan daya kreativitas dan hasil belajar
siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan daya kreativitas dan
hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran berbasis masalah. Metode
pembelajaran berbasis masalah memberikan ruang bagi siswa untuk memberikan
pemikiran kreatifnya dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan daya kreativitas siswa dari rendah menjadi tinggi serta hasil belajar
siswa secara individu mencapai KKM mata pelajaran Ekonomi dan mencapai
ketuntasan klasikal yang ditetapkan sekolah.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan
observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive
area, yaitu pada kelas X-6 di MA Negeri Situbondo. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumen.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. | en_US |