Show simple item record

dc.contributor.authoranuar Angga Aditio Prakoso
dc.date.accessioned2014-01-27T22:50:54Z
dc.date.available2014-01-27T22:50:54Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM052010101046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25647
dc.description.abstractBelajar adalah suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi yang aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. Perubahan itu bersifat secara relatif konstan. Pendidikan Profesi Dokter adalah proses Pendidikan Dokter untuk diterapkan di masyarakat. Pendidikan dan pelatihan ilmu kedokteran bervariasi di setiap negara, namun di hampir semuanya pendidikan ini dibuka mulai dari sekolah kedokteran atau Fakultas Kedokteran di tingkat Universitas selama waktu yang ditentukan. Lingkungan belajar mahasiswa pendidikan profesi merupakan salah satu faktor penentu dalam prestasi belajar, lingkungan belajar yang baik diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan belajar klinik terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Universitas Jember, sedangkan tujuan khususnya adalah untuk (1) mengetahui lingkungan belajar klinik yang terdapat di Fakultas Kedokteran Universitas Jember, (2) mengetahui prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Universitas Jember, dan (3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan desain potong lintang perbandingan yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Jember pada bulan Oktober 2009 sampai November 2009. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Universitas Jember yang telah lulus Pendidikan Profesi pada tahun 2009. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Lingkungan belajar diukur dengan menggunakan kuesioner vii http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id DREEM yang diisi sendiri oleh subyek penelitian. Analisis statistik ditampilkan dalam bentuk STATA versi 6 dengan menggunakan uji chi square. Data yang mempunyai nilai P < 0,25 dilakukan uji analisis bivariat menggunakan uji Regresi Cox. Pengambilan kesimpulan statistik dilakukan dengan menggunakan tingkat kepercayaan ά = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang beranggapan lingkungan belajar baik sebanyak 57,14 % sedangkan 42,86 % lainnya menganggap lingkungan belajar mereka kurang baik. Berdasarkan uji statistik diketahui bahwa tidak ada pengaruh antara lingkungan belajar klinik terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Universitas Jember. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah kesiapan belajar mandiri. Untuk faktorfaktor lain yang diteliti seperti jenis kelamin, gaya belajar, pendekatan belajar, dan tempat tinggal diketahui tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesiapan belajar mandiri terbukti mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Universitas Jember. Jumlah mahasiswa yang siap belajar mandiri sebanyak 58,44 % sedangkan yang tidak siap sebanyak 41,56 %.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries052010101046;
dc.subjectLINGKUNGAN BELAJAR KLINIKen_US
dc.titlePENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR KLINIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI DOKTER UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record