PELAKSANAAN ADMINISTRASI PEMBAYARAN JAMINAN KEBAKARAN PADA PT. ASURANSI JASA INDONESIA (JASINDO) KANTOR CABANG JEMBER
Abstract
Usaha asuransi sebagai salah satu lembaga keuangan menjadi peranan
yang penting karena dari kegiatan usaha itu diharapkan dapat semakin meningkat
lagi pengerahan dana masyarakat untuk pembiayaan pembangunan. Kebutuhan
atas jasa usaha perasuransian merupakan salah satu sarana finansial dalam
kehidupan ekonomi rumah tangga, baik dalam menghadapi resiko finansial yang
timbul sebagai akibat dari resiko yang paling mendasar, yaitu resiko kebakaran
yang mengakibatkan hilangnya barang yang terbakar
Salah satu perusahaan asuransi yaitu PT. ASURANSI JASA
INDONESIA yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa, berperan sebagai
penghimpunan dana dari pesertanya. Perusahaan ini telah cukup lama hadir dalam
perekonomian Indonesia yang menjanjikan perlindungan kepada pihak
tertanggung sekaligus usaha ini juga menyangkut dana masyarakat namun
demikian usaha perasuransian yang dibutuhkan adalah usaha yang tangguh, dapat
menampung kerugian yang mungkin timbul oleh adanya berbagai resiko baik
resiko rumah tangga, dunia usaha maupun yang mengganggu hasil pembangunan.
Sehubungan dengan itu, maka diperlukan suatu administrasi yang baik
untuk pengelola perasuransian, yang akhirnya terwujud industri perasuransian
1
2
yang kuat dan dapat diandalkan meliputi administrasi pemasaran, administrasi
produksi, administrasi keuangan dan sebagainya.
Administrasi pembayaran jaminan kebakaran merupakan salah satu
administrasi perusahaan asuransi. Oleh karena itu untuk mengetahui dan
mempelajari bagaimana sebenarnya pelaksanaan administrasi pembayaran
jaminan kebakaran terhadap pihak tertanggung pemegang polis itu, maka pada
laporan Praktek Kerja Nyata ini menggunakan judul “PELAKSANAAN
ADMINISTRASI PEMBAYARAN JAMINAN KEBAKARAN PADA PT.
ASURANSI JASA INDONESIA (JASINDO) Kantor Cabang Jember.
Collections
- DP-Company Management [469]