dc.description.abstract | Latar belakang dilakukannnya penelitian ini adalah Berdasarkan hasil
pengamatan, keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Mangli 01 masih rendah,
hal ini tampak pada: siswa berbicara tidak akurat dan berbelit-belit, siswa juga
berbicara tersendat-sendat sehingga isi pembicaraan menjadi tidak jelas, siswa tidak
memiliki keberanian berbicara di depan kelas, beberapa orang siswa ada yang tidak
mau menjawab pertanyaan guru karena sepertinya malu dan takut salah menjawab.
Maka perlu adanya upaya untuk dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Salah satunya dengan menggunakan metode cerita berantai. Metode cerita berantai ini
dipilih karena telah terbukti dapat membuat siswa terampil dalam berbicara. Adapun
rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses penerapan
metode cerita berantai yang dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas IV SDN
Mangli 01? 01. (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicaran siswa kelas
IV SDN Mangli 01 setelah menggunakan metode cerita berantai?. Subyek penelitian
ini adalah siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 51 anak. Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan Dokumentasi. Data yang
dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan
tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran Bahasa
Indonesia, dan Indonesia, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan
peneliti. | en_US |