Show simple item record

dc.contributor.authorKadek Sumaryati
dc.date.accessioned2014-01-27T22:19:56Z
dc.date.available2014-01-27T22:19:56Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM050820101017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25578
dc.description.abstractPenelitian dengan judul Analisis Pengaruh Kebijakan Manajemen Terhadap Kepuasan dan Kinerja Karyawan Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik), dilakukan dengan Analisis Persamaan Struktural (Structural Equation Model, SEM). Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner terhadap 169 karyawan, dengan jumlah yang dikembalikan dan terisi benar sebanyak 136 lembar, maka unit analisisnya adalah 136 karyawan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang signifikan dari persepsi karyawan tentang kebijakan kompensasi (X ) terhadap kepuasan karyawan (Y 1 vii 1 ); (2) ada pengaruh yang signifikan dari persepsi karyawan tentang pelibatan karyawan (X 2 ) terhadap kepuasan karyawan (Y ); (3) ada pengaruh yang signifikan dari persepsi karyawan tentang program pendidikan dan pelatihan (X 1 ) terhadap kepuasan karyawan (Y ); (4) ada pengaruh yang signifikan dari kepuasan karyawan (Y 1 1 ) terhadap kinerja karyawan (Y ); dan (5) ada pengaruh yang signifikan dari persepsi karyawan tentang program pendidikan dan pelatihan (X 2 ) terhadap kinerja karyawan (Y 2 3 ). Nilai standardized total effect antar variabel menunjukkan bahwa urutan variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan karyawan adalah pelibatan karyawan (0.911), program pendidikan dan pelatihan (0.860), dan terakhir, kebijakan kompensasi (0.018). Urutan variabel yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan adalah : pelibatan karyawan (1.215); program pendidikan dan pelatihan (0.396), kepuasan karyawan (0.334); dan terakhir kebijakan kompensasi (0.024). Kebijakan kompensasi sangat kecil pengaruh langsungnya terhadap kepuasan karyawan, demikian pula dengan pengaruh tak langsung dan pengaruh totalnya terhadap kinerja karyawan. Pelibatan karyawan berpengaruh dominan secara langsung terhadap kepuasan karyawan, demikian pula dengan pengaruh tak langsung dan pengaruh totalnya terhadap kinerja karyawan. Untuk meningkatkan pengaruh positif kepada kepuasan dan kinerja karyawan, perlu ditingkatkan tingkat akomodatif para atasan terhadap usulan-usulan yang diajukan bawahan, khususnya yang menyangkut tugas sehari-hari. Untuk peneliti lain, dapat mengembangkan model persamaan struktural yang dianalisis dengan menambahkan tingkat loyalitas sebagai variabel baru di antara kepuasan dan kinerja. Sebab, loyalitas karyawan juga merupakan hal perlu menjadi perhatian manajemen perusahaan berkaitan dengan tingkat perputaran tenaga kerja. Dengan loyalitas yang tinggi, maka diharapkan perusahaan bisa menekan tingkat perputaran tenaga kerja yang menimbulkan biaya operasional tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050820101017;
dc.subjectKinerja Karyawanen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Kebijakan Manajemen Terhadap Kepuasan dan Kinerja Karyawan RS Perkebunan (Jember Klinik) PT Perkebunan Nusantara X (Pesero) – Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record