• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN ACCELERATED TEACHING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 12 Jember Tahun Ajaran 2006/2007 )

    Thumbnail
    View/Open
    gdl (61)aa.pdf (379.0Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Tri Mulyani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Accelerated Teaching dengan pembelajaran konvensional, (2) mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar antara yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Accelerated Taching dengan pembelajaran konvensional. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII D semester genap di SMPN 12 Jember tahun ajaran 2006/2007. analisis data dengan menggunakan uji t tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa (afektif dan kognitif) yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Accelerated Teaching dengan pembelajaran konvensional. Hasil belajara ranah kognitif menunjukkan t tes 5,6626 dan t table 1,9933. hasil belajar ranah afektif diperoleh t tes 10,648 dan t table 1,9933. Hasil t tes ranah kognitif maupun afektif jika dikonsultasikan maka diperoleh t tes > t tab. Jadi hasil belajar ranah kognitif dan afektif menunjukkan kelas eksperimen memperoleh hasil lebih baik bila dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil belajar ranah afektif pada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Accelerated Teaching pada pertemuan pertama ke pertemuan ke dua mengalami peningkatan rata-rata sebesar 4,118, sedangkan pada kelas control mengalami peningkatan rata-rata 1,464. Peningkatan yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25552
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository