PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA PENDEKATAN PEMBELAJARAN ACCELERATED TEACHING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 12 Jember Tahun Ajaran 2006/2007 )
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1)
mengetahui adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajar
dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Accelerated Teaching dengan
pembelajaran konvensional, (2) mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar
antara yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Accelerated Taching
dengan pembelajaran konvensional. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII C dan VIII D semester genap di SMPN 12 Jember tahun ajaran 2006/2007. analisis
data dengan menggunakan uji t tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa
(afektif dan kognitif) yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran
Accelerated Teaching dengan pembelajaran konvensional. Hasil belajara ranah kognitif
menunjukkan t tes 5,6626 dan t table 1,9933. hasil belajar ranah afektif diperoleh t tes
10,648 dan t table 1,9933. Hasil t tes ranah kognitif maupun afektif jika dikonsultasikan
maka diperoleh t tes > t tab. Jadi hasil belajar ranah kognitif dan afektif menunjukkan
kelas eksperimen memperoleh hasil lebih baik bila dibandingkan dengan kelas kontrol.
Hasil belajar ranah afektif pada siswa yang diajar dengan menggunakan
pembelajaran Accelerated Teaching pada pertemuan pertama ke pertemuan ke dua
mengalami peningkatan rata-rata sebesar 4,118, sedangkan pada kelas control mengalami
peningkatan rata-rata 1,464. Peningkatan yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol.