PELAKSANAAN KEGIATAN ADMINISTRASI KESEKRETARIATAN PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) BRANCH OFFICE JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata pada PT. Asuransi
Jiwasraya (Persero) Jember Branch Office pada bagian administrasi dan logistik
yang beberapa kegiatannya mewakili kegiatan kesekretariatan, maka dapat
disimpulkan bahwa :
1. Surat masuk pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Jember Branch Office
Office menganut sistem satu pintu, yaitu surat yang di terima di tangani oleh
unit tersendiri. Surat yang masuk langsung diterima oleh bagian
administrasi dan langsung di proses. Proses dalam menangani surat masuk
yaitu dengan mengandekan surat, memberi disposisi dan didistribusikan
kepada bagian bagian yang bersangkutan yaitu unit operasional, unit
pertanggungan dan unit administrasi&logistik. Surat yang sudah diterima
oleh bagian atau unit-unit tersebut dicatat dalam buku ekspedisi dan
diarsipkan.
2. Surat Keluar pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Jember Branch Office
dibuat oleh bagian administrasi masing-masing unit. Proses surat keluar
yaitu dari bagian administrasi membuat konsep surat, persetujuan konsep,
pengetikan surat, diagendakan dalam buku agenda surat keluar, dan
pemberian nomor surat keluar sesuai dengan nomor urut pada buku agenda
surat keluar. Jika sudah diagendakan dan diberi nomor surat, surat tersebut
sudah siap untuk dikirim.
3. Sistem kearsipan pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Jember Branch
Office menggunakan sistem penyimpanan menurut tanggal, nomor dan
pokok permasalahan. Penyimpanan menurut tanggal adalah sistem
penyimpanan dimana dokumen-dokumen disimpan menurut urutan
tanggalnya. Penyimpanan menurut nomor adalah sistem penyimpanan
dimana setiap dokumen atau map diberi nomor dan disimpan berturut-turut
menurut urutan nomor dan pokok permasalahan merupakan masalah pokok isi surat.
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]