PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN KERUPUK RAMBAK “MAKMUR JAYA” DI JEMBER
Abstract
Perkembangan dunia usaha dewasa ini terjadi sangat pesat. Hal ini dapat
dilihat dengan semakin banyaknya perusahaan yang berdiri, sehingga dunia usaha
telah menjadi ajang persaingan yang ketat. Salah satunya adalah Perusahaan Kerupuk
Rambak “Makmur Jaya” Jember yang bergerak dalam usaha produksi kerupuk
rambak dan kerupuk bawang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang
tepat pada Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya” di Jember.
Seperti yang telah disebutkan, untuk dapat menentukan strategi perusahaan
yang tepat perusahaan harus mengetahui letak kekuatan, kelemahan, peluang serta
ancaman yang dihadapi oleh Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya” . Oleh
karena itu, dalam penyusunan penelitian ini metode yang digunakan adalah metode
analisis SWOT (Strenght, weakness, Opportunity dan Threats) yaitu pendekatan yang
digunakan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal Perusahaan Kerupuk
Rambak “Makmur Jaya” Jember.
Analisis faktor-faktor internal perusahaan akan mengetahui adanya kekuatan
dan kelemahan yang terdapat pada perusahaan. Selain itu perusahaan juga harus
menganalisa faktor-faktor dari luar perusahaan, dengan tujuan untuk mengetahui
peluang atau kesempatan bagi perusahaan serta mengetahui pula ancaman atau
tekanan dari pihak-pihak yang bersaing dengan perusahaan. Salah satu instrumen
yang dapat digunakan untuk menganalisis faktor-faktor kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman dengan tujuan untuk menghasilkan strategi pemasaran
perusahaan adalah analisis SWOT. Jika para penentu strategi pemasaran perusahaan
mampu melakukan mengoperasionalkan analisis SWOT dengan tepat, biasanya akan
membuahkan strategi sesuai dengan yang diharapkan.
Berdasarkan hasil perhitungan kedua faktor strategi internal dan eksternal
akan diketahui kekuatan dan kelemahan ada pada sumbu (X) dengan nilai +2
sedangkan peluang dan ancaman berada pada sumbu (Y) dengan nilai +1. Dapat
ditarik kesimpulan bahwa menurut analisis SWOT Perusahaan Kerupuk Rambak
“Makmur Jaya” Jember berada pada posisi kuadran I yaitu kuadran yang mendukung
kebijakan pertumbuhan yang agresif, maksudnya perusahaan harus lebih giat dalam
mengatasi perkembangan pasar dalam rangka meningkatkan pertumbuhan penjualan.
Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini , maka strategi pemasaran yang tepat
pada Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya” Jember sebagai berikut : 1.
Meningkatkan Kualitas Produk, 2. Mendistribusikan Produk ke Wilayah Baru, 3.
Menambah Varian Produk, 4. Mengidentifikasikan Pesaing Baru, 5. Mengembangkan
Kualitas SDM, 6. Meningkatkan Promosi Penjualan.