PENGARUH VARIABEL-VARIABEL RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL SULAWESI JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel-variabel
Relationship Marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen relasional, dan
kekeluargaan terhadap loyalitas pelanggan Hotel Sulawesi Jember. Instrumen
penelitian menggunakan kuesioner yang mengambarkan persepsi konsumen Hotel
Sulawesi Jember terhadap variabel-variabel Relationship Marketing yang terdiri
dari kepercayaan, komitmen relasional, dan kekeluargaan, serta loyalitas
pelanggan Hotel Sulawesi Jember. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini
terdiri dari kepercayaan, komitmen relasional, dan kekeluargaan sebgai variabel
independen, serta variabel loyalitas pelanggan sebagai variabel dependen.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Hotel Sulawesi Jember.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobabolity
sampling dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah
120 responden. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan
pendekatan konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan tidak
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Hotel Sulawesi Jember. Komitmen
Relasional berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Hotel Sulawesi Jember.
Dan, kekeluargaan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Hotel Sulawesi
Jember.