dc.description.abstract | Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran
wajib yang diberikan pada semua jenjang pendidikan, sebagaimana yang tertuang
dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Tetapi pada kenyataannya pentingya pendidikan PKn belum disadari
sepenuhnya oleh banyak pihak. Adanya anggapan tersebut, mempengaruhi proses
pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Banyak pihak yang mengganggap
bahwa pendidikan PKn hanya mata pelajaran wajib yang menekankan pada
konsep-konsep menghafal saja, sehingga internalisasi nilai yang menjadi ciri
dalam mata pelajaran PKn tidak sepenuhnya tertanam di dalam diri siswa. Hal ini
pula yang terjadi di SDN 1 Tampo Banyuwangi. Berdasarkan hasil wawancara
dan observasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata
pelajaran PKn di sekolah tersebut diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar
siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru mendominasi pelajaran dan tidak
adanya media pembelajaran yang digunakan sehingga aktivitas belajar siswa
rendah. Aktivitas belajar siswa yang rendah tersebut menyebabkan hasil belajar
siswa pun belum optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilaksanakan penelitian dengan
rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IV melalui penerapan strategi belajar peta konsep dan media gambar
dalam pembelajaran PKn pokok bahasan globalisasi di SDN 1 Tampo
Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IV SDN 1 Tampo Banyuwangi dalam pembelajaran PKn pokok
bahasan Globalisasi dengan menggunakan strategi belajar peta konsep dan media
gambar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SDN 1 Tampo
Banyuwangi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Tampo
Banyuwangi dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa yang terdiri atas 9 siswa
laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pra siklus menunjukkan bahwa
persentase aktivitas belajar siswa 14,54%. Sedangkan pada siklus I mengalami
peningkatan sebesar 55,38% menjadi 69,92% atau termasuk dalam kriteria aktif.
Pada siklus II, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15,29%
menjadi 85,21% dan termasuk dalam kriteria sangat aktif. Peningkatan juga
terjadi pada hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada
siklus I sebesar 68,42%, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada
siklus II mencapai 89,47%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan
hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,05%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi belajar
peta konsep dan media gambar dalam pembelajaran PKn pokok bahasan
Globalisasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1
Tampo Banyuwangi tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan penelitian ini, guru
disarankan agar menerapkan strategi belajar peta konsep dan media gambar
dengan tetap memperhatikan kesesuainnya dengan materi yang diajarkan supaya
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu, siswa disarankan
pula agar lebih aktif dan belajar dengan sungguh-sungguh agar memperoleh hasil
belajar yang lebih baik. | en_US |