• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA PADA POKOK BAHASAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS IVA SDN BARATAN 01 KABUPATEN JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    GDL (86)(1)processed_1.pdf (825.3Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    EKO MUDJI SANTOSO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak guru matematika di sekolah dasar yang hanya mengajarkan teknik berhitung dalam pembelajaran tanpa menanamkan konsep materi pelajaran yang akan diajarkan, sehingga terjadi banyak siswa yang mampu mengerjakan perhitungan bilangan matematika yang kompleks dalam bentuk simbol dan angkaangka hanya berdasarkan pada rumus yang diajarkan namun tidak paham tentang konsep dan fungsi dari materi matematika yang dipelajarinya bila dikaitkan dengan dunia nyata. Hal ini tampak pada penyelesaian soal matematika dalam bentuk soal cerita yang biasanya dikaitkan dengan dunia nyata masih banyak kesulitan yang dihadapi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan di kelas IVA SDN Baratan 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 dan berapakah persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian bilangan pada siswa kelas IVA SDN Baratan 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011? Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada pokok bahasan perkalian atau pembagian bilangan pada siswa kelas IVA SDN Baratan 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 dan untuk mengetahui persentase ketuntasan hasil belajar Siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian bilangan setelah dilaksanakan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada siswa kelas IVA SDN Baratan 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Baratan 01 Jember, dimulai pada tanggal 25 April 2011 sampai tanggal 14 mei 2011 tepatnya dilaksanakan selama 2 siklus tindakan penelitian, subyek penelitian adalah siswa kelas IVA dengan jumlah 40 Siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah desain penelitian yang didapatasi dari model Hopkins dengan tahap penelitian tindakan meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang kemudian diikuti siklus spiral berikutnya. Pengumpulan data menggunakan metode Dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir pembelajaran dan tes akhir siklus I, dan begitupun analisis pada siklus II. Penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian dilakukan dengan 9 fase pembelajaran meliputi: (1) menyampaikan tujuan dan informasi, (2) menyajikan informasi, (3) mengorganisasi siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, (4) membimbing kelompok siswa bekerja dan belajar, (5) Evaluasi, (6) membimbing siswa secara individu bekerja dan belajar, (7) Evaluasi, (8) memberikan penghargaan, (9) menyimpulkan hasil pembelajaran. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Baratan 01 Jember pada pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan bentuk soal cerita. Hal ini terbukti dari meningkatnya kemampuan siswa dalam menerjemahkan kalimat soal cerita ke dalam bentuk kalimat matematika serta besarnya nilai persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 80% siswa tuntas secara klasikal dan pada siklus ke II sebesar 100%. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu dalam membelajarkan pemecahan masalah khususnya terkait dengan pembelajaran soal cerita, ada baiknya guru memulai dengan memberikan masalah yang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa agar siswa memiliki kesiapan dalam pembelajaran karena dengan begitu pembelajaran yang akan dilaksanakan masih sesuai dengan pengalaman siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25444
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository