PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK WORD SQUARE DI KELAS IV SDN PRINGGONDANI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Kegiatan belajar pembelajaran di SDN Pringgondani 02 Jember kurang
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut
disebabkan guru masih memberi ceramah dan tanya jawab serta kurang
memanfaatkan media sehingga membuat siswa sering mengalami kesulitan-kesulitan
dalam memahami dan mengembangkan konsep IPS yang telah dipelajarinya. Selain
itu siswa juga cenderung belajar yang terpaku pada buku paket yang ada tanpa harus
memperoleh pengalaman secara langsung. Oleh karena itu, guru kelas harus
membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan
model pembelajaran yang bervariasi.
Model cooperative learning (pembelajaran kooperatif) adalah suatu model
pembelajaran yang berlangsung dalam lingkungan belajar sehingga siswa dalam
kelompok kecil saling berbagi ide-ide dan bekerja sama untuk menyelesaikan tugas
akademik. Teknik word square adalah teknik pembelajaran yang memadukan
kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada
kotak-kotak jawaban. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan
perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi dengan menggunakan model
cooperative learning dengan teknik word square di kelas IV SDN Pringgondani 02
Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka,
tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi dengan menggunakan model cooperative learning dengan teknik
word square di kelas IV SDN Pringgondani 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Pringgondani 02 Jember yang
terdiri dari 35 siswa. Siswa diorganisasikan menjadi 5 kelompok yang heterogen.
Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2
siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 24 Maret 2012 sampai
dengan 12 April 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Pringgondani 02
Jember. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 46,43% dalam
kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II sebesar 67,86% dalam kategori aktif.
Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,43% dan persentase
ketuntasan klasikal sebesar 48,57%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal
mencapai 75,43%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 91,43% sehingga
secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Pringgondani
02 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktivitas dan hasil belajar. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke
siklus II sebesar 21,43%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 12%
dan ketuntasannya sebesar 42,86%. Oleh karena itu penelitian di SDN Pringgondani
02 Jember tuntas. Maka berdasakan hasil penelitian disarankan agar guru dapat
mengaplikasikan model cooperative learning dengan teknik word square pada materi
lain untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan guru memberikan
pengalaman bahwa penerapan model pembelajaran itu bermanfaat ketika proses
pembelajaran berlangsung