PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PAILKEM DENGAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (SISWA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2011/2012 SMP NEGERI 6 JEMBER)
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adanya
perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk
meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan.
Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan mulai dari pendidikan yang terdekat
dengan kita, misalnya pendidikan di wilayah Jawa Timur. Salah satu strategi
pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar peserta didik adalah pembelajaran berbasis PAILKEM. Pembelajaran berbasis
PAILKEM senantiasa memposisikan guru sebagai orang yang menciptakan suasana
belajar yang kondusif atau sebagai fasilitator dalam belajar, sementara siswa sebagai
peserta belajar yang harus aktif, inovatif, kreatif dan memanfaatkan lingkungan
sebagai sumber belajar serta menjadikan pembelajaran efektif, dan menarik (Uno,
dkk., 2011:10). Pembelajaran berbasis PAILKEM dapat dikombinasikan dengan
teknik pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu teknik yang dapat digunakan
dalam pembelajaran yang berbasis PAILKEM adalah teknik Talking Stick. Teknik
Talking Stick merupakan teknik pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran
dengan permainan yang memadukan ceramah, tanya jawab, dan diperkaya dengan
permainan yang melibatkan peran aktif siswa secara langsung di dalam kelas (Ibid,
2010 dalan Aini, 2010). Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh
Pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik Talking Stick terhadap aktivitas
belajar dan hasil belajar siswa serta korelasi antara aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas VII tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 6 Jember. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis PAILKEM dengan
teknik talking stick terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 6 Jember. Adapun waktu penelitian yaitu bulan Mei
tahun pelajaran 2011/2012.
Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Penentuan daerah penelitian
menggunakan Purposive Sampling Area. Penentuan responden penelitian
menggunakan uji homogenitas dan diperoleh kelas VII D sebagai kelas kontrol dan
VII E sebagai kelas eksperimen. Metode Pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi, tes, dan angket.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik talking stick berpengaruh signifikan
terhadap aktivitas belajar siswa kelas dengan thitung ≥ ttabel (4,535 ≥ 1,99346).
Penggunaan Pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik talking stick juga
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar belajar siswa dengan thitung ≥ ttabel
(5,391 ≥ 1,99346). Terdapat korelasi antara hasil belajar kognitif dan aktivitas siswa
pada siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis PAILKEM dengan teknik
Talking Stick dengan nilai signifikasi 0,000 (< 0,01) pada siswa kelas VII tahun
pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 6 Jember