HUBUNGAN ANTARA PENDELEGASIAN WEWENANG DENGAN EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN KABUPATEN (BAPPEKAB) SITUBONDO
Abstract
Penggunaan wewenang secara bijaksana merupakan faktor kritis bagi
efektivitas organisasi. Seorang pimpinan perlu menggunakan wewenang untuk
mendapatkan kerjasama dengan bawahan mereka. Wewenang adalah bagian
dari setiap interaksi pimpinan dan bawahan. Dalam pelaksanaan tugasnya,
seorang pimpinan melaksanakan tugas pekerjaannya dengan kewenangan yang
dimilikinya dan dapat mendelegasikan tugas dan pekerjaan tersebut kepada
bawahannya. Jadi proses delegasi dapat diartikan sebagai pelimpahan
wewenang dan tanggung jawab formal kepada orang lain untuk melaksanakan
kegiatan tertentu. Dalam proses ini seorang pimpinan mengalokasikan
wewenang ke bawah kepada orang-orang yang melapor kepadanya. Biasanya,
pendelegasian wewenang terjadi ketika delegasi dilakukan yang berakibat
penerimaan delegasi baik implisit maupun eksplisit menimbulkan kewajiban
atau tanggung jawab. Efektivitas delegasi merupakan faktor utama yang
membedakan seorang pimpinan sukses dan pimpinan yang tidak sukses dalam
siklus organisasi.
Collections
- DP-Company Management [469]