dc.description.abstract | Tuntutan membaca bagi anak–anak yang belajar di kelas dua telah membuat
guru–guru mengalami kesulitan mengajar dan mengambil jalan pintas yaitu mangajar
anak–anak sebagaimana layaknya anak usia sekolah dasar. Sedangkan para ahli
pendidikan anak mengingatkan bahwa anak–anak masih berfikir konkrit belum
mampu berfikir abstrak.
Masalah di lapangan ini memberi inspirasi dilakukan penelitian tindakan kelas
untuk pengembangan berbahasa anak agar berkemampuan membaca tanpa anak
mengalami kejenuhan belajar, ketertekananan belajar, ketidakmampuan belajar yaitu
dengan mengajarkan anak membaca dengan ilustrasi gambar sebagai medianya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan rancangannya berupa
penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian dipilih penelitian studi kasus. Penelitian
tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Siklus 1 mengajarkan anak–anak
membaca melalui media lembaran-lembaran cerita bergambar yang disusun oleh
siswa. Pada siklus 2 dilakukan lebih kompleks dengan menjadikan lingkungan kelas
dipenuhi dengan gambar dan diinteraksikan dalam kegiatan belajar anak, lingkungan
didesain dengan media ambar yang merangsang anak untuk berkemampuan
membaca kalimat per kalimat dalam suatu paragraf melalui media gambar.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahwa pembelajaran membaca melalui
media cerita gambar dapat meningkatkan perolehan belajar efektif bagi anak kelas II
di SDN Lateng 3 Banyuwangi, (2) Media gambar yang dapat dipergunakan mengajar
membaca bagi anak–anak kelas II SDN 3 Lateng, selain gambar yang ditempel di
papan tulis juga semua benda, hiasan ruang kelas dapat dijadikan media belajar
dengan menempeli gambar dan aturan kelas yang diilustrasikan dalam gambar, dan
(3) Strategi pembelajaran yang efektif dengan menggunakan medi a gambar dalam
mengajar membaca bagi anak – anak kelas II adalah terjadinya proses belajar aktif
(active learning process) dan belajar yang dipusatkan pada potensi dasar individu
anak (child center learning) serta menjadikan semua sarana lingkungan kelas
menjadi media belajar. | en_US |