PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id STRATEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP DENGAN TEKNIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Abstract
Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala alam dan
menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Fisika tidak hanya berisi teoriteori
atau
rumus-rumus
untuk
dihafal
tetapi
fisika
juga
berisi
banyak
konsep
yang
harus
difahami secara mendalam. Dengan demikian, siswa dituntut untuk dapat
membangun pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM). Sesuai dengan sifat fisika, maka diperlukan suatu strategi
pembelajaran yang cocok. Salah satunya adalah strategi Reciprocal Teaching
dengan teknik Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji
hasil belajar siswa pada penerapan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik
Mind Mapping dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) mengetahui aktivitas
belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Reciprocal
Teaching dengan teknik Mind Mapping, dan (3) mengetahui retensi hasil belajar
siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Reciprocal Teaching
dengan teknik Mind Mapping.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 2 Panji. Responden penelitian ditentukan setelah
dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random
sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test
design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji
untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas
untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, dan menggunakan uji untuk
menjawab rumusan masalah yang ketiga.
Analisis data menggunakan uji diperoleh nilai
dan nilai
= 1,99 sehingga
viii
, maka hipotesis nihil
ditolak dan
hipotesis kerja
diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase
aktivitas siswa sebesar 77,32% dan termasuk pada kategori aktif. Analisis data
menggunakan uji diperoleh nilai
dan dapat dikategorikan tinggi.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini
adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan
strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping dan pembelajaran
konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011,
(2) aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011
selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching
dengan teknik Mind Mapping termasuk dalam kategori aktif, dan (3) retensi hasil
belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011 setelah
mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan
teknik Mind Mapping dapat dikategorikan tinggi.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id KELILING DAN LUAS DAERAH PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DISERTAI ALAT PERAGA PAPAN BERPAKU PADA SISWA KELAS III B DI SDN MANGLI 01 SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
IRMA YUNI ANTIKA (2014-01-25)Pembelajaran selama ini dipandang sebagai kegiatan dalam mentransfer pengetahuan dari guru kepada siswa. Guru dianggap sebagai seseorang yang mengetahui segala informasi bagi peserta didik, sedangkan siswa diposisikan sebagai ... -
APLIKASI ESDA UNTUK ANALISIS DISTRIBUSI SPASIAL BULAN BASAH DAN BULAN KERING (METODE OLDEMAN) DI JAWA TIMUR SKRIPSI Oleh Ardian Nur Fakhrudin NIM. 071710201029 JURUSAN TEKNIK PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS JEMBER 2011 http://digilib.unej.http://digilib.unej.http://digilib.unej.http://digilib.unej.http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.http://digilib.unej.http://digilib.unej.http://digilib.unej.http://
Ardian Nur (2014-01-26)Penelitian ini memaparkan distribusi spasial bulan basah (BB) dan bulan kering (BK) di Jawa Timur. Data hujan diperoleh dari 943 lokasi stasiun hujan yang tersebar merata di seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur. Dari data ... -
ANALISIS YURIDIS PENJATUHAN PIDANA PENJARA TERHADAP ANAK DALAM RANGKA PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK SEBAGAI http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id PELAKU TINDAK PIDANA (Putusan Pengadilan Negeri Jember Nomor: 04/Pid. B/2008/PN. Jr)
NUR ANISAH PANE (2014-01-22)Anak adalah amanah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang dalam dirinya juga melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya yang merupakan tumpuan harapan masa depan bagi bangsa, negara, masyarakat maupun keluarga ...