Show simple item record

dc.contributor.authorVeni Fitriana. S
dc.date.accessioned2014-01-27T06:05:34Z
dc.date.available2014-01-27T06:05:34Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM070210204396
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25349
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan karena pengamatan awal di lapangan menunjukkan bahwa siswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pikiran, perasaan dan gagasan mereka secara tertulis dalam bentuk karangan sehingga hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidomulyo 05 dalam pembelajaran menulis karangan narasi masih belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini terjadi karena aspek-aspek yang kurang mendukung pelaksanaan pembelajaran, salah satunya adalah metode ceramah yang mendominasi pada saat kegiatan pembelajaran menulis narasi sehingga siswa cenderung bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kondisi tersebut perlu diatasi agar siswa mampu menulis karangan narasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media komik tanpa teks dalam pembelajaran menulis narasi. Dipilihnya media pembelajaran ini karena dengan menggunakan media komik tanpa teks ini siswa akan dapat mengembangkan imajinasinya dalam membuat tulisan dan dapat memberikan tuntunan pengorganisasian ide dalam penentuan alur tulisan. Selain itu, gambar-gambar yang disajikan dalam komik dapat menjadi penuntun bagi anak di dalam menghasilkan cerita yang runtut. Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan, penelitian ini mengangkat permasalahan 1) bagaimanakah penggunaan media komik tanpa teks dalam pembelajaran menulis narasi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN Sidomulyo 05, dan 2) bagaimanakah kemampuan siswa kelas IV SDN Sidomulyo 05 dalam menulis narasi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media komik tanpa teks. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) penerapan penggunaan media komik tanpa teks dalam pembelajaran menulis narasi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN Sidomulyo 05, dan 2) kemampuan siswa kelas IV SDN Sidomulyo 05 dalam menulis narasi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media komik tanpa teks. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Sidomulyo 05 dan diikuti oleh semua siswa kelas IV sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan dilakukan kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari tes berupa nilai siswa dalam menulis karangan narasi. Sumber data meliputi, guru kelas IV SDN Sidomulyo 05 dan siswa kelas IV SDN Sidomulyo 05. Instrumen penelitian dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu: 1) instrumen pengumpul data berupa lembar observasi dan 2) instrumen pemandu analisis data berupa lembar nilai siswa dalam menulis karangan narasi dan hasil perbandingan tes siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur penerapan penggunaan media komik tanpa teks dalam pembelajaran menulis karangan narasi yang dipandang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN Sidomulyo 05 berlangsung dengan dibagikannya komik kepada setiap siswa. Hal ini dilakukan agar siswa dapat mengamati dengan seksama gambar-gambar yang ada dalam komik, sehingga siswa dapat menulis rangkaian cerita yang ada dalam komik tersebut secara runtut. Kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi setelah diterapkannya penggunaan media komik tanpa teks dalam pembelajaran dapat diketahui ada peningkatan pada setiap siklusnya. Sebelum menggunakan media komik tanpa teks (prasiklus) hanya terdapat dua orang siswa yang mencapai nilai ≥ 60. Setelah diterapkan penggunaan media komik tanpa teks, pada siklus I terdapat 9 orang siswa yang mencapai nilai ≥ 60. Pada siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I, yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 24 siswa atau 80 % dari total 30 siswa. Jadi secara klasikal (≥ 75 % dari jumlah siswa), siswa kelas IV di SDN Sidomulyo 05 mencapai ketuntasan nilai 80 %. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:1) bagi guru kelas IV SDN Sidomulyo 05 dapat menggunakan media komik tanpa teks sebagai alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam materi menulis karangan sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, 2) bagi sekolah disarankan agar memberi fasilitas untuk pengadaan media pembelajaran berupa media komik tanpa teks sehingga dapat menunjang tercapainya pelaksanaan pembelajaran menulis karangan menjadi lebih baik, 3) bagi peneliti lain yang mendapatkan masalah serupa dapat menggunakan media komik tanpa teks pada pembelajaran bahasa Indonesia sebagai alternatif, ataupun mengadakan pengembangan dan modifikasi untuk menemukan sesuatu yang baru sehingga pada akhirnya dapat bermanfaat bagi banyak orang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204396;
dc.subjectketrampilan menulis narasien_US
dc.titleMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA KOMIK TANPA TEKS SISWA KELAS IV SDN SIDOMULYO 05 SILOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record