• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK TAPE DI KOTA JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    AB (305)a_1.pdf (493.0Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    VENA LORENTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berjudul ”Analisis Segmentasi Pasar Produk Tape di Kota Jember”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui segmen pasar produk tape berdasarkan atribut produk dan untuk mengetahui merek produk tape yang ada pada masing-masing segmen. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer berupa jawaban kuesioner responden dari pertanyaanpertanyaan yang serta berbagai laporan berkaitan dengan masalah yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk tape di Kota Jember yang mengkonsumsi salah satu merek produk tape yaitu tape Sumber Madu, Tape 96, Tape Super Madu, Tape 86 dan Tape Segitiga Manis. Teknik penarikan sampel adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Cluster dengan dua metode ; K-Means Cluster dan Hierarki Cluster. Berdasarkan hasil analisis Cluster dengan metode K-Means Cluster, diperoleh hasil bahwa segmen pasar produk tape di Kota Jember yang terbentuk adalah tiga klaster yaitu: Klaster 1 adalah responden yang mementingkan atribut: rasa sehingga diberi nama ”kluster rasa” dengan jumlah responden sebanyak 19 orang (38%), klaster 2 adalah responden yang mementingkan atribut harga dan kualitas sehingga diberi nama ”klaster harga” dengan jumlah responden 8 orang (16%), klaster 3 adalah responden yang mementingkan atribut merek dan kemasan sehingga diberi nama ”klaster kemasan” dengan jumlah responden sebanyak 23 (46%). Sedangkan analisis kluster yang menggunakan metode Hierarki Cluster diperoleh hasil yaitu terdapat tiga kelompok tape berdasarkan merek yaitu: kelompok 1 meliputi Tape 96, Tape Sumber Madu, dan Tape Segi Tiga Manis. Kelompok 2 meliputi Tape 86. Sedangkan kelompok 3 meluputi Tape Sumber Madu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25333
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12455]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository