ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK TAPE DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul ”Analisis Segmentasi Pasar Produk Tape di Kota
Jember”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui segmen pasar produk tape
berdasarkan atribut produk dan untuk mengetahui merek produk tape yang ada
pada masing-masing segmen. Data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder. Data primer berupa jawaban kuesioner responden dari pertanyaanpertanyaan
yang serta berbagai laporan berkaitan dengan masalah yang diteliti.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk tape di Kota Jember yang
mengkonsumsi salah satu merek produk tape yaitu tape Sumber Madu, Tape 96,
Tape Super Madu, Tape 86 dan Tape Segitiga Manis. Teknik penarikan sampel
adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang.
Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Cluster dengan dua metode ;
K-Means Cluster dan Hierarki Cluster.
Berdasarkan hasil analisis Cluster dengan metode K-Means Cluster,
diperoleh hasil bahwa segmen pasar produk tape di Kota Jember yang terbentuk
adalah tiga klaster yaitu: Klaster 1 adalah responden yang mementingkan atribut:
rasa sehingga diberi nama ”kluster rasa” dengan jumlah responden sebanyak 19
orang (38%), klaster 2 adalah responden yang mementingkan atribut harga dan
kualitas sehingga diberi nama ”klaster harga” dengan jumlah responden 8 orang
(16%), klaster 3 adalah responden yang mementingkan atribut merek dan kemasan
sehingga diberi nama ”klaster kemasan” dengan jumlah responden sebanyak 23
(46%). Sedangkan analisis kluster yang menggunakan metode Hierarki Cluster
diperoleh hasil yaitu terdapat tiga kelompok tape berdasarkan merek yaitu:
kelompok 1 meliputi Tape 96, Tape Sumber Madu, dan Tape Segi Tiga Manis.
Kelompok 2 meliputi Tape 86. Sedangkan kelompok 3 meluputi Tape Sumber
Madu.