• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN WUJUD BENDA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JEMBER LOR 05 KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    AB (280)a_1.pdf (654.1Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    EKA RASITA WULANDARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA di SDN Jember Lor 05 kelas IV masih menggunakan metode ceramah dan penugasan saja sehingga pembelajaran cenderung membosankan. Proses pembelajaran menyebabkan siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah, sehingga dilakukan penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPA pada pokok bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen dengan menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011-2012, (2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA pada pokok bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen dengan menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2011-2012. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen dengan menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN jember Lor 05 tahun pelajaran 2011-2012, (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan wujud benda melalui penerapan metode eksperimen dengan menggunakan media asli pada siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 tahun pelajaran 201-2012. Pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dan media asli dapat memberikan pembelajaran yang membangkitkan motivasi bagi siswa, karena melalui pembelajaran ini siswa dapat melakukan aktivitas dan mengembangkan keterampilan berfikirnya, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal siklus I 67,40% dalam kategori aktif dan siklus II meningkat menjadi 76,90% dalam kategori sangat aktif. Dari analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dan individu untuk prasiklus 44,12% dengan 19 siswa belum tuntas. Pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 73,53% dengan 9 siswa belum tuntas, dan siklus II sebesar 82,35% dengan 6 siswa belum tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa selama pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dan media asli mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (2) pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dan media asli dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011-2012. Saran dari hasil penelitian ini adalah: (1) bagi siswa, metode dan media yang telah digunakan menjadi cara alternatif yang dapat membuat siswa lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran IPA. (2) bagi guru, metode dan media yang telah digunakan dalam penelitian dapat menjadi metode dan media alternative sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. (3) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru sehingga dapat bermanfaat bagi kemajuan siswa. (4) bagi Lembaga, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Jember Lor 05.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25277
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository